Senin 03 Apr 2023 15:50 WIB

Program Mudik Gratis Pemkot Bandung Diminati

Pemkot Bandung menyediakan fasilitas mudik gratis ke lima daerah tujuan akhir.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Program mudik gratis.
(ILUSTRASI) Program mudik gratis.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Program mudik bareng gratis 2023 yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat, diminati. Baru beberapa hari dibuka, kuota mudik gratis untuk pendaftar daring sudah terisi lebih dari 85 persen.

Pendaftaran program mudik gratis Pemkot Bandung dibuka sejak 1 April 2023 hingga 10 April mendatang. Pendaftaran secara daring dapat dilakukan melalui bit.ly/mudikgratiskotabandung2023.

Selain daring, dibuka pendaftaran luring di Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Leuwipanjang dan Booth Boseh di Alun-Alun Utara, Kota Bandung. Pendaftaran dibuka pukul 08.00-15.00 WIB.

Warga yang hendak mendaftar program mudik gratis ini mesti membawa persyaratan kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK), melampirkan nomor telepon, dan sudah vaksinasi Covid-19 dosis kedua.

Menurut Kepala Bidang Angkutan dan Sarana Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Asep Kurnia, per Ahad (2/4/2023), jumlah pendaftar daring program mudik gratis sudah mencapai 283 orang.

Dari lima daerah tujuan akhir mudik gratis ini, Asep mengatakan, pendaftar daring mayoritas memilih tujuan Yogyakarta via jalur selatan, sebanyak 74 orang. Kemudian tujuan Solo via jalur utara Semarang sebanyak 73 orang, dan Cirebon via Sumedang sebanyak 56 orang.

Sementara pendaftar daring tujuan Ciamis via Singaparna sebanyak 52 orang, dan Sukabumi via Cianjur 28 orang. “Slot pendaftar online hanya sisa 48 orang. Untuk tujuan Sukabumi sisa 36 seat, Ciamis 12 seat, sisanya sudah penuh,” ujar Asep, saat dihubungi Republika, Senin (3/4/2023).

Asep mengatakan, masih tersedia slot bagi pendaftar luring, 143 kursi. Terdiri atas 16 kursi untuk tujuan Yogyakarta, 17 kursi untuk tujuan Solo, 50 kursi untuk tujuan Cirebon, 30 kursi tujuan Sukabumi, dan sisa 30 kursi untuk mudik tujuan akhir Ciamis 30.

Warga yang sudah mendaftar secara daring diminta melakukan registrasi ulang pada 3 April-10 April 2023. Lokasi registrasi ulang ini di Kantor Dishub Leuwipanjang dan Booth Boseh di Alun-Alun Utara Kota Bandung.

Peserta mudik gratis ini akan diberangkatkan ke lokasi tujuan pada 15 April 2023, dengan titik pemberangkatan di Balai Kota Bandung. Informasi soal program mudik gratis ini tersedia di akun media sosial Instagram Dishub Kota Bandung.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement