Pemkot Bandung Gelar Mudik Gratis ke Lima Kota, Pendaftaran Dibuka Hari Ini

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 01 Apr 2023 15:40 WIB

Persiapan Mudik Gratis Sasarengan Urang Mudik ka Lembur (Salembur) Angkutan Lebaran tahun 2019, di halaman Gedung Sate, Kota Bandung. Pemkot Bandung Gelar Mudik Gratis ke Lima Kota, Pendaftaran Dibuka Hari Ini Foto: Republika/Edi Yusuf Persiapan Mudik Gratis Sasarengan Urang Mudik ka Lembur (Salembur) Angkutan Lebaran tahun 2019, di halaman Gedung Sate, Kota Bandung. Pemkot Bandung Gelar Mudik Gratis ke Lima Kota, Pendaftaran Dibuka Hari Ini

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Dinas Perhubungan (Dishub) akan menggelar program mudik lebaran 1444 Hijriyah gratis ke lima kota tujuan, yaitu Solo, Cirebon, Yogyakarta, Ciamis, dan Kabupaten Sukabumi.

Kabid Angkutan dan Pengujian Dinas Perhubungan Kota Bandung Asep Kurnia mengatakan menyiapkan dua unit bus untuk tiap kota sehingga total yang disiapkan 10 unit.

Baca Juga

"Ada lima trayek, masing-masing dua bus. Satu ke Solo melalui Semarang via tol Cipali, Bandung-Yogyakarta via jalur selatan, Bandung- irebon via Cirebon dan Majalengka. Bandung-Ciamis via Garut, Singaparna-Tasikmalaya-Ciamis dan Bandung Sukabumi via Cianjur," ujarnya saat dikonfirmasi, Sabtu (1/4/2023).

Tiap bus memiliki jumlah kursi yang berbeda. Namun, kurang lebih 10 bus yang disiapkan oleh Pemkot Bandung dapat menampung hingga 500 orang pemudik.

Asep melanjutkan pendaftaran mudik gratis mulai dilakukan sejak 1 April hingga 10 April secara online maupun offline. Mereka yang diperbolehkan daftar adalah warga Kota Bandung.

"Kalau (daftar) offline langsung dikasih tiket, kalau online nanti registrasi ulang dan nanti dikasih tiket," katanya.

Ia memastikan calon pemudik akan memenuhi kuota kursi yang telah disediakan. Sebab situasi saat ini sudah lepas dari pandemi Covid-19 dan diperkirakan akan meningkat jumlah pemudik.

"Tahun lalu nggak ada karena masih dibatasi (Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat)," katanya.

Rute pemberhentian di jalur selatan di antaranya Pasar Limbangan, Alun-alun Ciamis, Kebasan Purwokerto, Kebumen, Purworejo, dan terminal bus Yogyakarta. Tujuan Solo melalui jalur utara via Semarang. Jalur pemberhentian di jalur utara rest area Brebes, rest area Pekalongan, terminal bus Semarang, dan terminal bus Solo.