Pelabuhan Jangkar Situbondo Buka Pendaftaran Mudik Gratis 4 April

Red: Ani Nursalikah

Sabtu 01 Apr 2023 13:36 WIB

Sejumlah kendaraan calon penumpang dan truk terparkir sebelum masuk ke dalam kapal feri di Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Jawa Timur, Selasa (19/4/2022). Pelabuhan Jangkar Situbondo Buka Pendaftaran Mudik Gratis 4 April Foto: ANTARA/Seno Sejumlah kendaraan calon penumpang dan truk terparkir sebelum masuk ke dalam kapal feri di Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Jawa Timur, Selasa (19/4/2022). Pelabuhan Jangkar Situbondo Buka Pendaftaran Mudik Gratis 4 April

REPUBLIKA.CO.ID, SITUBONDO -- Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo mulai membuka pendaftaran mudik dan balik gratis secara daring (dalam jaringan) pada 4 April 2023 melalui laman http://sipentol.dishub.jatimprov.go.id/.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur memfasilitasi mudik dan balik gratis warga Pulau Raas, Kabupaten, Sumenep, Madura, dengan menggunakan kapal motor penyeberangan (KMP) yang diberangkatkan dari Pelabuhan Jangkar, Situbondo.

Baca Juga

"Hasil rapat koordinasi kemarin, pendaftaran mudik dan balik gratis Lebaran 2023, dari Jangkar ke Pulau Raas, diperkirakan tanggal 4 April, karena laman portal saat ini sedang dalam proses," ujar Koordinator UPT Pelabuhan Pengumpan Regional (PPR) Banyuwangi Wilayah Kerja Jangkar, Situbondo Tri Wahyono, Sabtu (1/4/2023).

Menurut dia, mudik gratis dari Pelabuhan Jangkar ke Pulau Raas menggunakan satu unit kapal feri, yakni KMP Wicitra Dharma I sebanyak empat kali trip pelayaran.

Pada 13 April 2023, kapal feri bertolak dari Pelabuhan Jangkar menuju Pulau Raas sekitar pukul 12.00 WIB, sedangkan pada tanggal 15, 17 dan 19 April 2023, kapal motor penyeberangan untuk mudik gratis itu dijadwalkan berangkat pada pukul 22.00 WIB.

"Pada arus balik juga empat kali trip pelayaran kapal dari Raas ke Jangkar, yakni pada tanggal 30 April, dan tanggal 2, 4, 6 Mei. Kapal feri berangkat pukul 06.00 WIB," kata Tri Wahyono.

Dia menambahkan, KMP Wicitra Dharma I nantinya mampu mengangkut sebanyak 250 orang calon pemudik dan 150 unit sepeda motor sebanyak empat kali pelayaran dari Jangkar ke Raas.

"Jadi, untuk mudik dan balik gratis Lebaran menggunakan KMP Wicitra Dharma I ini hanya penumpang dan kendaraan roda dua atau sepeda motor," ujar Tri.