Tantangan Puasa di Berbagai Belahan Dunia: Durasi 21 Jam Hingga Tantangan Suhu Ekstrem

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 24 Mar 2023 22:12 WIB

Seorang pria membaca Alquran di hari pertama bulan puasa Ramadhan di sebuah masjid di Sanaa, Yaman,Kamis (23/3/2023). Tantangan Puasa di Berbagai Belahan Dunia: Durasi 21 Jam Hingga Tantangan Suhu Ekstrem Foto:

1

Puasa bisa melelahkan dan menyusahkan, tetapi pada akhirnya, orang bisa berbuka puasa dan menikmati rezeki. Namun, bagi sebagian orang di Yaman, negara yang paling terkena dampak kelaparan dan kekurangan gizi menurut Global Hunger Index 2022 ini, terkadang makanan tidak pernah datang dan seringkali makanan tidak pernah cukup.

“Hari ini adalah hari pertama Ramadhan, saya hanya memiliki sedikit tepung dan satu telur untuk memberi makan keluarga saya,” kata seorang ibu asal Yaman, Afrah (34 tahun).

Dia mengatakan yang dia mampu untuk memberi makan anak-anaknya hanyalah roti dan air. Yaman, negara yang dilanda perang, menderita krisis pangan akut yang menghantui setengah dari populasinya. Negara ini memiliki populasi lebih dari 30 juta orang.

WFP melaporkan 17 juta orang di Yaman menderita kerawanan pangan, sementara 23,4 juta membutuhkan bantuan kemanusiaan. Badan-badan PBB juga melaporkan sekitar 19 juta orang, enam dari sepuluh orang menghadapi kerawanan pangan akut di Yaman. Lebih dari tiga juta orang menderita kekurangan gizi akut.

"Kami berpuasa setiap hari sepanjang tahun sekarang. Tidak ada perbedaan antara bulan Ramadhan dan bulan-bulan lainnya," kata Afrah.

Terpopuler