Tantangan Puasa di Berbagai Belahan Dunia: Durasi 21 Jam Hingga Tantangan Suhu Ekstrem

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 24 Mar 2023 22:12 WIB

Seorang pria membaca Alquran di hari pertama bulan puasa Ramadhan di sebuah masjid di Sanaa, Yaman,Kamis (23/3/2023). Tantangan Puasa di Berbagai Belahan Dunia: Durasi 21 Jam Hingga Tantangan Suhu Ekstrem Foto:

1

Untuk menawarkan solusi untuk ini, ulama Islam menyarankan umat Islam yang tinggal di daerah ini berpuasa menurut negara terdekat tanpa siang hari terus-menerus, negara mayoritas Muslim terdekat, atau hanya mengikuti waktu Arab Saudi. Direktur Yayasan Islam Islandia melaporkan kepada CNBC bahwa komunitas Muslim di negara itu, dan dirinya sendiri, memilih hidup 21 jam tanpa makanan dan air.

"Beberapa orang tidak dapat menerima mereka akan makan saat matahari terbit, bahkan jika sudah mendekati tengah malam, karena mereka terbiasa menunggu di negara asalnya. Jadi mereka akan pergi pada waktu setempat. Yang lain dapat menerima mereka harus makan bahkan saat matahari sebagian terbit," ujarnya.

Beda halnya dengan orang-orang di Kuwait yang berpuasa di bawah suhu 50 derajat Celsius. Ujian puasa di bulan Ramadhan bagi mereka adalah fisik sekaligus spiritual. Terik matahari yang menggantung di atas kepala, sementara mereka harus berpantang air selama lebih dari 12 jam membuat puasa menjadi hal yang sulit.

Di Kuwait, suhunya sering mencapai 50 derajat Celsius, dengan kawasan Mitribah di Kuwait mencatat suhu terpanas pada 2016 sebesar 54 derajat Celsius. Meskipun Mitribah bukanlah daerah permukiman, Kuwait tetap menjadi tempat yang sangat panas.. Menurut The New Arab, panas telah menyebabkan banyak kebakaran di masa lalu karena orang harus menyalakan AC meskipun mereka tidak berada di rumah.

The New Arab juga mengutip Wakil Menteri Listrik, Air, dan Energi Terbarukan Kuwait yang mengatakan suhu tinggi telah menyebabkan kelebihan beban pada generator listrik. Ini menyebabkan beberapa pemadaman listrik di banyak tempat di seluruh negeri.

Hal ini menambah penderitaan orang yang berpuasa di sana. Pemerintah Kuwait sering memperingatkan warganya tidak berada di luar pada waktu pagi di bulan Ramadhan untuk menghindari komplikasi kesehatan terkait terkena panas terik saat berpuasa. Orang-orang di Yaman berpuasa melalui krisis kelaparan.

Terpopuler