Tantangan Puasa di Berbagai Belahan Dunia: Durasi 21 Jam Hingga Tantangan Suhu Ekstrem

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 24 Mar 2023 22:12 WIB

Seorang pria membaca Alquran di hari pertama bulan puasa Ramadhan di sebuah masjid di Sanaa, Yaman,Kamis (23/3/2023). Tantangan Puasa di Berbagai Belahan Dunia: Durasi 21 Jam Hingga Tantangan Suhu Ekstrem Foto: EPA-EFE/YAHYA ARHAB Seorang pria membaca Alquran di hari pertama bulan puasa Ramadhan di sebuah masjid di Sanaa, Yaman,Kamis (23/3/2023). Tantangan Puasa di Berbagai Belahan Dunia: Durasi 21 Jam Hingga Tantangan Suhu Ekstrem

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan adalah ujian iman bagi banyak Muslim di seluruh dunia guna meningkatkan ketaqwaan. Untuk itu, durasi puasa antara satu negara dengan negara lain di belahan bumi ini bisa jadi berbeda-beda bagi umat Islam.

Dilansir di The Peninsula Qatar, Jumat (24/3/2023), selama Ramadhan, orang-orang menghargai hal-hal yang mereka miliki sekaligus menerima sedikit rasa dari apa yang harus dialami oleh orang-orang yang kurang beruntung. Populasi Muslim dunia melebihi satu miliar, dengan orang-orang yang beragama Islam tersebar di berbagai belahan dunia.

Baca Juga

Mengingat persebaran orang-orang ini dan keunikan situasi setiap negara, ada banyak Muslim yang imannya diuji dengan cara yang jauh lebih ekstrem daripada yang lain. Muslim Islandia, misalnya, berpuasa paling lama dibandingkan dengan umat Muslim di wilayah lain.

Islandia memiliki waktu yang aneh. Dengan lebih dari 17 jam siang hari per hari yang dialami hampir sepanjang tahun. Adapun populasi Muslim di Islandia sangat kecil, yakni kurang dari 400 orang menurut data statistik. Mereka harus menjalani periode atau durasi puasa yang lebih lama.

Pada 2018, CNBC melaporkan umat Islam di Islandia berpuasa selama lebih dari 21 jam. Karena kedekatan Islandia dengan kutub utara dunia, waktu itu sendiri menjadi fenomena yang aneh. Terkadang matahari tidak terbenam di Islandia selama berhari-hari dan terkadang matahari hanya muncul selama empat hingga lima jam sehari.