Tips Tetap Produktif dan Sabar Selama Ramadhan

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

Senin 25 Apr 2022 04:05 WIB

Umat muslim beraktivitas usai menunaikan shalat Dzuhur di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Selasa (5/4/2022). Pada bulan suci Ramadhan, umat muslim memanfaatkan waktu dengan memperbanyak serta meningkatkan ibadah membaca Alquran (tadarus) dan melaksanakan shalat-shalat sunnah. Tips Tetap Produktif dan Sabar Selama Ramadhan Foto:

1

7. Lakukan evaluasi diri

Di akhir pekan setiap hari dan Ahad di bulan Ramadhan, tinjau kembali tingkat produktivitas Anda. Apakah Anda melakukan apa yang Anda inginkan selama seminggu?

Jika tidak, apa yang menghalangi Anda? Tidak bisa mengatakan tidak? Terlalu banyak gangguan? Apakah itu perasaan dan emosi Anda sendiri?

Apa yang bisa dilakukan secara berbeda? Apa yang akan Anda lakukan secara berbeda besok? Pastikan untuk mengetahui apa yang berhasil dan lakukan lebih dari itu.

Umar Ibn al-Khattab memberi pesan:

“Pertanggung jawabkan dirimu sebelum kamu dimintai pertanggungjawaban dan timbanglah amalanmu sebelum ditimbang untukmu.”

8. Mulailah membangun kebiasaan

Menurut para ahli, dibutuhkan 21 hari untuk membangun sebuah kebiasaan, sebagian lain mengatakan lebih lama. Namun persisnya berapa lama waktu yang dibutuhkan, tidak terlalu penting.

Pada dasarnya , pekerjaan harus didahulukan jika ingin menjadi kebiasaan, jadi mengapa tidak menggunakan bulan Ramadhan untuk memulai. Jika Anda ingin mulai membaca lebih banyak Alquran setiap hari atau bangun untuk shalat malam, manfaatkan waktu Ramadhan untuk mulai membentuk kebiasaan dan mempersiapkan diri untuk sukses.

Dengan sabar dalam melakukan ibadah-ibadah ini, akan membuat Anda lebih produktif dalam jangka panjang, dan yang terpenting, itu akan menuntun Anda ke jannah. Cobalah fokus pada semua sisi positif bulan ini. Anda mungkin merasa sulit untuk menerapkan semua tips ini. Jadi, berikan senyum terbesar, jalani dengan ikhlas dan perbarui niat. Pastikan Ramadhan tahun ini akan menjadi yang terbaik bagi Anda.