Tips Tetap Produktif dan Sabar Selama Ramadhan

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

Senin 25 Apr 2022 04:05 WIB

Umat muslim beraktivitas usai menunaikan shalat Dzuhur di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Selasa (5/4/2022). Pada bulan suci Ramadhan, umat muslim memanfaatkan waktu dengan memperbanyak serta meningkatkan ibadah membaca Alquran (tadarus) dan melaksanakan shalat-shalat sunnah. Tips Tetap Produktif dan Sabar Selama Ramadhan Foto:

1

2. Mempererat ikatan keluarga

Menjadi produktif tidak hanya berarti mencari cara untuk bekerja lebih baik, itu berarti mencari cara untuk meremajakan diri sendiri terutama dengan keluarga. Ramadhan adalah kesempatan emas menghidupkan kembali dan menjaga tali persaudaraan.

Lakukan sesuatu yang istimewa dengan menghabiskan waktu berkualitas dengan orang yang Anda cintai. Anda akan terkejut betapa banyak kepuasan yang akan Anda capai. Ikatan ini sangat penting dalam Islam.

Kita tahu betul bahwa memutuskan ikatan sangat tinggi dalam daftar kedahsyatan. Dalam Alquran, Allah di dua surah, Allah melaknat orang yang memutuskan hubungan keluarga.

“Dan orang-orang yang melanggar perjanjian Allah, setelah disahkan, dan memutuskan apa yang diperintahkan Allah untuk bergabung dan membuat kerusakan di muka bumi, bagi mereka laknat, dan bagi mereka rumah yang tidak bahagia” (QS Ar-Ra'd:25)

3. Jangan buang waktu atau menunda-nunda

Puasa saat bekerja bisa jadi sulit, apalagi jika berpuasa di cuaca panas. Namun, ini adalah pendekatan yang bagus untuk mempelajari kebiasaan kerja yang lebih baik. Tidak ada waktu untuk bermalas-malasan saat berpuasa karena kemungkinan besar kita akan semakin lapar seiring berjalannya hari.

Menunda pekerjaan hanya akan menyebabkan kerugian, jadi lakukan kebiasaan yang baik untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat. Manfaatkan kesempatan ini untuk mengingatkan diri sendiri bahwa pikiran dan tubuh jauh lebih kompeten daripada yang kita berikan kepada mereka. 

Ini juga merupakan waktu untuk meneliti bagaimana kita bertindak dan apa yang kita katakan kepada orang-orang di sekitar kita. Coba menjadi sedikit lebih baik di sekitar, usaha kecil membuahkan hasil yang besar.