Tips Tetap Produktif dan Sabar Selama Ramadhan

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

Senin 25 Apr 2022 04:05 WIB

Umat muslim beraktivitas usai menunaikan shalat Dzuhur di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Selasa (5/4/2022). Pada bulan suci Ramadhan, umat muslim memanfaatkan waktu dengan memperbanyak serta meningkatkan ibadah membaca Alquran (tadarus) dan melaksanakan shalat-shalat sunnah. Tips Tetap Produktif dan Sabar Selama Ramadhan Foto:

1

4. Sesuaikan niat Anda

Meninjau dan menyesuaikan tujuan Anda di balik tindakan sehari-hari adalah cara sederhana untuk meningkatkan produktivitas Anda. Hal ini akan membuat perubahan yang signifikan jika Anda menyesuaikan niat Anda dan berusaha untuk menyenangkan Allah melalui tindakan sehari-hari Anda. Dengan cara ini, tidur Anda di malam hari untuk mengejar sahur, pergi bekerja dan makan berbuka puasa semuanya akan dihitung sebagai perbuatan baik.

5. Ingat mereka yang kurang beruntung

Ramadhan membuat kita mengingat orang-orang yang keadaannya lebih sulit dari kita. Betapapun kurang beruntungnya Anda, Anda masih dapat menemukan orang lain yang kurang beruntung dan lebih membutuhkan. Setidaknya, sebagian orang mungkin berpikir tentang orang-orang yang berada dalam bahaya kelaparan di beberapa bagian dunia saat ini.

Dengan sikap seperti itu, seseorang terdorong bekerja lebih keras dan memberi dengan lebih murah hati. Ini akan membantu kita meningkatkan kesabaran dan rasa syukur kita. Dengan pola pikir seperti itu, seseorang dipaksa bekerja lebih keras dan menawarkan lebih banyak dalam hal amal dan kemurahan hati.

6. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya

Anda dapat aktif dan memanfaatkan jam makan siang Anda untuk membaca Alquran setiap hari, berdzikir dan berdoa, atau berbelanja bahan makanan yang mungkin Anda perlukan keesokan harinya.