1,5 Juta Wisatawan Serbu Cirebon

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Karta Raharja Ucu

Rabu 22 Aug 2012 07:55 WIB

Keraton Kasepuhan Cirebon, sebuah kerajaan Islam ternama di Jawa Barat. Foto: kasepuhan.com Keraton Kasepuhan Cirebon, sebuah kerajaan Islam ternama di Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Pascalebaran, sejumlah tempat wisata di Kota Cirebon, Jawa Barat dipadati pengunjung. Selain warga lokal, para wisatawan juga berasal dari luar kota yang sedang pulang kampung ke Cirebon.

Sejumlah tempat wisata di Kota Cirebon yang ramai dikunjungi di antaranya Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, maupun situs-situs milik keraton. Selain itu, adapula berbagai pusat perbelanjaan yang menawarkan pelayanan menarik bagi para pengunjung.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar) Kota Cirebon, Abidin Aslich mengatakan, jumlah wisatawan yang datang ke Kota Cirebon diperkirakan mencapai 1,5 juta jiwa. Menurutnya, jumlah itu tak jauh dengan tingkat kunjungan tahun lalu.

"Kota Cirebon memang menjadi tujuan wisata masyarakat di wilayah Cirebon," ujar Abidin kepada ROL, Selasa (21/8) kemarin.

Secara terpisah Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat menyebutkan, tingkat kunjungan ke Keraton Kasepuhan memang melonjak pascalebaran dibandingkan hari-hari biasa. Ia menjelaskan lonjakan tersebut biasanya akan terjadi selama satu pekan pascalebaran.

"(Selama satu pekan setelah lebaran), di keraton diadakan berbagai tradisi," ungkap Arief.

Tak hanya Cirebon yang diserbu wisatawan, sejumlah objek wisata di Kabupaten Indramayu juga ramai dikunjungi wisatawan. Sebagian besar objek wisata itu berupa kawasan pantai. Selain menyajikan berbagai permainan, di lokasi tersebut juga menawarkan berbagai kuliner makanan laut.

Salah satunya adalah objek wisata pantai Glayem dan pantai Tirtamaya di Kecamatan Juntinyuat. Di tempat tersebut, ribuan pengunjung datang berduyun-duyun sejak pagi hari hingga sore hari.

"Ya 'itung-itung' memanjakan anak dan istri di saat liburan," tutur seorang pengunjung pantai Glayem, Wahyu saat berbincang dengan ROL.

Terpopuler