Ratusan Ribu Pengunjung Padati TM Ragunan

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Dewi Mardiani

Senin 20 Aug 2012 18:40 WIB

Beberapa pengunjung melihat koleksi satwa Bekantan di Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta. Foto: Republika/Wihdan Hidayat Beberapa pengunjung melihat koleksi satwa Bekantan di Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menghabiskan waktu libur lebaran, Taman Margasatwa (TM) Ragunan, Jakarta Selatan, masih menjadi salah satu tempat tujuan wisata favorit bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Diprediksi, jumlah pengunjung TM Ragunan pada hari kedua Lebaran ini akan mencapai lebih dari 100 ribu orang.

Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung, pihak pengelola TM Ragunan telah menyiapkan 11 tempat parkir yang nantinya dapat menampung hingga empat ribu kendaraan roda empat dan 22.500 unit kendaraan roda dua. ''Lebaran kedua ini diprediksi pengunjung akan mencapai 100 ribu orang lebih,'' ujar Wahyudi BP, Humas TM Ragunan, Jakarta, Senin (20/8).

Pengelola TM Ragunan juga memprediksi jumlah pengunjung pada Hari ketiga, Selasa (21/8), akan terus bertambah dan lonjakan pengunjung diperkirakan akan terus terjadi sampai akhir pekan ini. ''Puncak pengunjung kemungkinan pada H+2 dan H+3 Lebaran dan pada akhir pekan, pada Sabtu dan Ahad,'' tegasnya.

Puncak jumlah pengunjung pada H+2 dan H+3 diperkirakan mencapai 168 ribu orang. Jumlah pengunjung sebanyak itu pernah terjadi pada Lebaran 2010 dan 2007 lalu. ''Kalau tahun lalu, hanya 150 ribu orang pada liburan lebaran kedua dan ketiga,'' ungkap Wahyudi.