Hotel di Sukabumi Ludes Dipesan pada Libur Lebaran

Red: Karta Raharja Ucu

Senin 20 Aug 2012 18:28 WIB

KRD Bogor-Sukabumi Foto: Republika KRD Bogor-Sukabumi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Tingkat hunian hotel di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada H+2 lebaran naik sudah mencapai 90 persen. Dibanding lebaran hari pertama, tingkat hunian tersebut naik 30 persen.

Data tersebut didapat dari Perhimpunan Hotel Dan Restoran Indonesia. "Pada hari kedua Lebaran tingkat hunian hotel meningkat 30 persen dibanding 60 persen pada hari pertama Lebaran," kata Ketua PHRI Kabupaten Sukabumi, Dadang Hendar, Senin (20/8).

Menurut Dadang, jumlah pengunjung meningkat karena banyak warga dari luar Sukabumi berlibur ke objek wisata laut, gunung, rimba maupun sungai. Hampir setiap tahun Sukabumi menjadi daerah tujuan wisata liburan panjang karena banyak lokasi wisata alam.

Wisatawan yang menyewa kamar hotel tidak hanya di satu objek wisata saja melainkan merata, dipastikan jumlah hunian hotel akan terus bertambah menjelang malam dan esok hari di hari ketiga lebaran. "Kami sudah menyiapkan pelayanan yang maksimal. Selain ada yang datang langsung, ada pula tamu yang memesan kamar sebelum Lebaran," tambahnya.

Dikatakannya, mayoritas penyewa kamar hotel berasal dari luar Sukabumi, sementara warga dari dalam Sukabumi rata-rata pulang pergi ke objek wisata.

Selain itu, di hari ketiga lebaran dipastikan tingkat hunian hotel bisa mencapai 100 persen, bahkan bisa jadi wisatawan yang ingin menyewa kamar tidak mendapatkan kamar yang kosong.

"Tidak hanya kamar hotel yang meningkat pengunjungnya, seluruh restoran pun disarati pelancong dan orang lokal," kata Dadang.