Ahmadiyah Jateng Ikuti Keputusan Pemerintah

Red: Didi Purwadi

Selasa 30 Aug 2011 10:50 WIB

Masjid Ahmadiyah dijaga ketat Foto: Antara Masjid Ahmadiyah dijaga ketat

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG - Jemaah Ahmadiyah Provinsi Jawa Tengah akan menyelenggarakan shalat Idul Fitri 1432 Hijriah pada Rabu (31/8). Mereka mengikuti keputusan pemerintah yang menetapkan 1 Syawal 1432 Hijriah jatuh pada 31 Agustus 2011.

"Insya Allah besok (Rabu, 31/8) kami akan melaksanakan shalat Idul Fitri di masjid-masjid Ahmadiyah sesuai dengan ketentuan pemerintah," kata Ketua DPW Ahmadiyah Jateng, Mochammad Arief Syafi'ie, di Semarang, Selasa (30/8).

Menurut dia, hal tersebut sesuai dengan petunjuk dari pimpinan pengurus Jemaah Ahmadiyah Indonesia pusat.

Ketika dihubungi melalui telepon, ia mengatakan bahwa ratusan pengikut Ahmadiyah Cabang Semarang dan kota sekitarnya akan melaksanakan Shalat Idul Fitri 1432 Hijriah di Masjid Nusrat Jahan yang terletak di Jalan Erlangga Nomor 7 A Semarang, Rabu (31/8). Shalat akan dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB.

Ia mengungkapkan, Jemaah Ahmadiyah Cabang Semarang memiliki anggota sekitar 500-an orang. Sedangkan, di Jateng yang terdapat puluhan cabang, jumlah pengikutnya mencapai 20.000 orang.

"Puluhan cabang di Jateng tersebut antara lain di Kabupaten Brebes, Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, Kota Semarang, Kabupaten Kudus, Kabupaten Pati, Kota Salatiga, Kota Purwodadi, dan Kabupaten Semarang," ujarnya.

Menurut dia, jumlah pengikut Ahmadiyah terbanyak di Jateng terdapat di Kota Wonosobo dan Banjarnegara dengan jumlah sekitar 3.000 orang. Terkait keberadaan Ahmadiyah di Kota Semarang ini, Arief menyatakan, selama ini hubungan antara jamaah dengan warga sekitar dan organisasi massa Islam lainnya tidak ada masalah. "Selama ini hubungan kami dengan warga sekitar maupun sejumlah pihak cukup kondusif dan tidak terlibat masalah yang dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan serta dapat mengganggu kerukunan umat beragama," katanya.