Transaksi Keuangan di Kantor Pos Meningkat

Rep: MG05/ Red: Dewi Mardiani

 Kamis 02 Aug 2012 19:21 WIB

Pos Indonesia Foto: Antara Pos Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK-- Transaksi keuangan meningkat di beberapa Kantor Pos Indonesia di bulan Ramadhan. Seperti yang terjadi di Kantor Pos Indonesia, Depok, Depok II Tengah, Jawa Barat. Di sana terjadi peningkatan transaksi selama beberapa waktu ini, terutama dari sektor pembiayaan, wesel Instant Pos, dan Pos Pay.

Staf Pemasaran Kantor Pos Pusat di Depok, Halimah menjelaskan, peningkatan ini terjadi karena kemudahan dalam pengiiriman uang yang ditawarkan PT Pos Indonesia. " Yang paling banyak diminati masyarakat, yaitu pengiriman Wesel Pos Instant. Masyarakat dapat mengirimkan uang kepada sanak saudaranya yang dipelosok sekalipun dengan cepat, bahkan dalam hitungan detik saja tanpa perlu rekening bank," Kata Halimah, Kamis, (2/8).

Halimah menambahkan, selain pengiriman wesel, ada juga pembayaran angsuran pun melalui PT Pos meningkat. "Mitra kami memang banyak, jadi masyarakat bisa dengan mudah membayar kewajibannya, seperti bayar angsuran motor dan lain-lain melalui kantor Pos terdekat," ungkap Halimah.

Hal seperti ini juga terjadi di Kantor Cabang PT Pos Depok Timur. Menurut Staf yang bertugas, Yakub, transaksi meningkat. "Memang tidak terlalu signifikan terjadi peningkatan, karena di sini cuma kantor cabang. Namun, ini bukti bahwa masyarakat masih tetap percaya pada PT Pos untuk membatu transaksi yang mereka lakukan," kata Yakub.

Tujuan pengiriman wesel tersebut didominasi daerah-daerah di pulau Jawa, seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Kemudian, untuk daerah tujuan di luar pulau Jawa, terdiri dari Sumatra Barat, Sumatra Utara, Sulawesi, dan Kalimantan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X