Ribuan Penumpang Tumpah Ruah di Stasiun Jatinegara

Rep: Umi Lailatul/ Red: Karta Raharja Ucu

Sabtu 25 Aug 2012 17:50 WIB

Warga memesan tiket kereta api (KA) di loket Stasiun Jatinegara, Jakarta. Foto: Republika/Aditya Pradana Putra Warga memesan tiket kereta api (KA) di loket Stasiun Jatinegara, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hampir lima ribu orang tumpah ruah di Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur. Memasuki H+5 Lebaran 2012, setidaknya 4.809 pemudik tiba di Stasiun Jatinegara.

Data tersebut didapat dari Posko Humas Stasiun Jatinegara, Sabtu (25/8) dari pukul 01.00-14.00 WIB. Joni, Staf Tata Usaha Stasiun Jatinegara mengatakan jumlah penumpang yang tiba di stasiun ini diperkirakan akan terus naik dibandingkan hari sebelumnya.

"Sampai pukul 14.00 WIB saja sudah 4.809 orang sementara kemarin saja jumlah totalnya hanya 6.041 orang," kata Joni.

Joni menjelaskan jumlah kereta yang tiba sampai pukul 14.00 WIB sebanyak 47 rangkaian kereta. Kereta yang tiba tersebut terdiri dari 36 kereta reguler dan sebelas kereta tambahan. "Tujuan kereta yang tiba didominasi jurusan Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang dan Madiun. Sementara Jumat (24/8) kemarin, jumlah kereta yang tiba sebanyak 57 rangkaian," ungkap Joni.

Ia memprakirakan puncak arus balik di Stasiun Jatinegara terjadi hari ini dan Ahad (26/8) esok. Sebab, Senin (27/8) lusa jatah cuti Lebaran para pegawai sudah habis. "Jadi kemungkinan bagi penumpang yang tidak dapat tiket pada hari ini, sehingga pulangnya diundur besok," sebutnya.

Jumlah penumpang di Stasiun Jatinegara diprediksi lebih banyak dibanding stasiun lain seperti Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Sebab, para penumpang lebih memilih turun di Stasiun Jatinegara lantaran akses ke berbagai daerah lebih mudah. "Seperti penumpang yang tinggal di Bogor bisa menaiki kereta dari stasiun ini turun di Stasiun Manggarai, lalu melanjutkan perjalanan dengan kereta listrik Bogor. Selain itu, stasiun ini dari Jakarta Timur dan Bekasi juga dekat," papar Joni.

Tahun ini pemudik yang kembali ke Jakarta dan turun di Stasiun Jatinegara lebih sedikit dari tahun lalu. "Lebih ramai tahun-tahun lalu. Ini karena aturan pembatasan penumpang, satu tempat duduk satu penumpang," sebut dia.

Humas Stasiun Jatinegara mencatat secara kumulatif dari H-10 hingga H+5 Lebaran 2010, Stasiun Jatinegara memberangkatkan 351.619 penumpang, sedangkan Lebaran 2011 menurun menjadi 298.548 penumpang. Sementara pada Lebaran 2012 diperkirakan turun dibandingkan tahun sebelumnya.

Dari sisi keamanan, Joni menegaskan Stasiun Jatinegara masih kondusif. "Belum ada gangguan keamanan. Alhamdulilah masih aman," pungkasnya.

Terpopuler