Pantura Besok Malam Capai Puncaknya, Lampu Hijau Nyala Lebih Lama

Red: Didi Purwadi

Jumat 24 Aug 2012 21:40 WIB

Sejumlah kendaraan terjebak macet saat akan melintasi jembatan kali Pemali di jalur Pantura, Brebes, Jateng. Foto: Antara/Oky Lukmansyah Sejumlah kendaraan terjebak macet saat akan melintasi jembatan kali Pemali di jalur Pantura, Brebes, Jateng.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKALONGAN -- Puncak arus balik Idul Fitri 1433 H melalui jalur pantai utara (Pantura) Pekalongan, Jawa Tengah, diperkirakan terjadi pada Sabtu (25/8) malam besok.

"Untuk mengantisipasi kepadatan arus balik Lebaran di jalur pantura ini, kami akan menempatkan petugas yang semula berada di Pos THR dan Matahari. Mereka dipindahkan ke Pos Ponolawen dan Grogolan," kata Kepala Dinas Perhubungan, Pariwisata, dan Kebudayaan Kota Pekalongan, Doyo Budi Wibowo, di Pekalongan, Jumat.

Doyo mengatakan sejumlah jalur rawan macet di jalur pantura Pekalongan, antara lain pada Jalan Sudirman-Ponolawen, dan perempatan Grogolan. Kedua jalur tersebut akan mendapatkan pantauan serius dari Dishubparbud dan Polresta Pekalongan.

Bahkan, katanya, pihaknya akan mengantisipasi kemacetan dengan cara mengatur "traffic light" dengan memperlama nyala lampu hijau dari arah timur. Pihaknya juga melakukan penataan ulang barikade sepanjang Jalan Sudirman dan Jalan DR. Sutomo.

"Pengaturan traffic light ini sebagai upaya arus lalu lintas kendaraan dari arah timur (Semarang -red) menuju barat (Jakarta) lebih lancar," katanya.