Posko Kesehatan Terminal Pulogadung Siap Hadapi Arus Balik

Red: Karta Raharja Ucu

Jumat 24 Aug 2012 18:42 WIB

Terminal Pulogadung, Jakarta Timur Terminal Pulogadung, Jakarta Timur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Posko pelayanan kesehatan di Terminal Bus AKAP Pulogadung, Jakarta, tetap bersiaga sepanjang arus balik hingga H+6 Lebaran atau Ahad (26/8). Kebijakan itu untuk melayani masyarakat dari luar Jakarta.

"Alhamdulillah, tahun ini masih tertangani untuk keluhan dari penumpang yang berobat ke sini," kata Petugas Paramedik Posko Kesehatan Terminal Bus AKAP Pulogadung, Rahman Hidayat, di Jakarta, Jumat (24/8).

Menurut keterangan Rahman, tahun ini penumpang yang datang berobat ke Posko Kesehatan Terminal Bus AKAP Pulogadung kebanyakan mengeluhkan pusing, panas, batuk, pilek dan kenaikan tensi darah. Ia menambahkan hingga saat ini selama arus mudik dan balik belum ada kasus penumpang yang datang ke posko kesehatan akibat terkena bius dari makanan ataupun minuman.

"Tahun lalu masih ada, walaupun terjadinya di luar terminal. Biasanya mereka menerima air mineral dari orang yang tak dikenal," kata Rahman.

Untuk tahun ini Posko Kesehatan Terminal Bus AKAP Pulogadung merupakan tim gabungan dari petugas tiga puskesmas yaitu Pulogadung, Cakung dan Duren Sawit. Setiap harinya dua tim petugas yang terdiri atas tiga orang bergantian shift setiap pukul 9:00 WIB dan 21:00 WIB menjaga posko pelayanan kesehatan. Hingga H+3 Lebaran atau Kamis (23/8), tercatat sudah ada 26.907 penumpang yang datang di pos kedatangan Terminal Bus AKAP Pulogadung dengan menggunakan 1.020 armada bus.

Terpopuler