Pemudik Perlu Antisipasi Pasar Tumpah

Rep: Andi Ikihbal/ Red: Karta Raharja Ucu

Jumat 24 Aug 2012 20:56 WIB

Salah satu pasar tumpah di jalur Pantura Foto: ant Salah satu pasar tumpah di jalur Pantura

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Seperti halnya arus mudik, pasar tumpah menjadi salah satu titik kemacetan pada arus balik Lebaran 2012. Tak terkecuali pasar tumpah di Indramayu, Jawa Barat.

Para pemudik yang melintasi Indramayu diminta mengantisipasi kemungkinan kemacetan di pasar tumpah, Sabtu (25/8). Beberapa titik tersebut tentunya akan menjadi kendala bagi kendaraan yang melintas.

Pramudiono (57), pedagang di pintu masuk Tol Palikanci mengatakan esok kendaraan arus balik baru akan mengalami antrean. Pasalnya, keberadaan pasar tumpah di kawasan Tegal Gubug dan Karang Ampel akan menumpuk volume kendaraan di satu tempat. "Hindari pasar tumpah dari jam 6 pagi hingga pukul 3 sore," kata Diono kepada ROL, Jumat (24/8).

Diono menjelaskan selain menghindari waktu-waktu tertentu, pemudik juga disarankan melintasi jalur alternatif. Bagi kendaraan roda dua, dapat keluar di pintu Tol Plumbon menuju Cikamurang. Namun, bagi yang sudah terlanjur melalui Tegal Karang, dapat memutar di Jalan Bundar, sebelum Pasar Tegal Gubug, kemudian nantinya akan keluar di samping RSUD Arjawinangun.

Kemudian bagi yang melintasi jalur Karang Ampel, dapat memilih alternatif lain menghindari jalur tersebut. Pasalnya, Diono mengatakan  kawasan tersebut tidak ada jalur putar alternatifnya. "Lebih baik, pilih jalur Cikamurang, karena Jalan Bundar, tentu sudah jadi langganan pengalihan jalan," katanya.

Hal tersebut dibenarkan Didi Kurniadi, anggoto posko Dishub Tegal Karang. Dikatakan sejak malam ini, kemungkinan para penjual di pasar tersebut sudah bersiap-siap merapihkan barang daganganya, sehingga ada kemungkinan terjadinya penyumbatan arus lalu lintas.

Terpopuler