Jomin Merayap Lima Hari Selepas Lebaran

Red: Didi Purwadi

Jumat 24 Aug 2012 21:06 WIB

Simpang Jomin, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Foto: http://vmg2.wordpress.com Simpang Jomin, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Arus lalu lintas di sekitar Simpang Jomin, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, dari arah Jawa Tengah dan sekitarnya menuju arah Jakarta pada H+5 Lebaran atau Jumat sore hingga malam padat merayap.

Kepadatan kendaraan arus balik sudah terlihat sejak di jalur Pantura wilayah perbatasan Subang-Karawang. Arus lalu lintas semakin padat menjelang kawasan Simpang Jomin menuju arah Jakarta yang akan melintasi gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Purwakarta.

Di Simpang Jomin itu sendiri terjadi perpecahan arus antara kendaraan dari arah Jawa Tengah dan sekitarnya menuju arah Jakarta melewati gerbang Tol Cikampek dan kendaraan menuju Jakarta melewati jalan arteri Karawang yang digunakan para pemudik balik bersepeda motor.

Sejumlah petugas dari aparat Polres Karawang nampak mengatur arus lalu lintas dan mengarahkan agar pemudik balik bersepeda motor tujuan Jakarta mengambil lajur kanan untuk melewati jalan arteri Karawang.

Selepas Simpang Jomin, tepatnya di jalan raya By Pass Jomin menuju Pertigaan Mutiara, arus lalu lintas ramai lancar karena polisi memberlakukan satu arah di jalan raya By Pass Jomin tersebut.

Baru selepas Pertigaan Mutiara menuju gerbang Tol Cikampek terjadi kepadatan kendaraan. Bahkan, arus lalu lintas sempat tersendat akibat aktivitas keluar-masuk kendaraan di rumah makan dan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di sepanjang jalur tersebut.

Tetapi setelah pertigaan Cikopo hingga pintu masuk gerbang Tol Cikampek, arus lalu lintas cukup lancar. Tidak terjadi antrean kendaraan di pintu masuk gerbang tol tersebut. Meski, terjadi kepadatan kendaraan di beberapa titik menuju gerbang Tol Cikampek.