Mulai Lancar Selepas KM 62 + 400

Rep: asep wijaya/ Red: Taufik Rachman

Kamis 23 Aug 2012 03:33 WIB

Tol Cipularang Foto: Republika/Tahta Aidilla Tol Cipularang

REPUBLIKA.CO.ID,KARAWANG -- Kepadatan arus lalu lintas yang terjadi di Tol Cipularang dan Cikampek mulai terurai setelah sejumlah kendaraan melewati KM 62+400 Tol Cikampek arah Jakarta. Pengemudi kendaraan roda empat terpantau dapat kembali memacu kendaraannya hingga 60 km/jam setelah pada KM 66+800 kecepatan mobil sempat tersendat.

Penguraian kepadatan arus kendaraan roda empat mulai terlihat setelah pengemudi melewati Tempat Istirahat di KM 62 arah Jakarta. Kelancaran arus itu terjadi lantaran laju kendaraan tidak lagi terhambat oleh mobil yang hendak menuju Tempat Istirahat tersebut.

Sekitar 50 meter sebelum titik itu, laju pengendara sedikit terhambat lantaran sejumlah kendaraan yang hendak memasuki Tempat Istirahat terdekat dari titik kemacetan di KM 66+800. Manuver kendaraan ke kiri yang sebelumnya berada pada lajur kanan jalan memaksa sejumlah mobil di belakangnya memperlambat kecepatan.

Imbasnya, perlambatan laju dilakukan seluruh kendaraan yang kemudian menyebabkan antrean kendaraan sepanjang kurang lebih 4 km (62+400 - 66+800). Kondisi itu diperparah dengan peningkatan volume kendaraan yang berasal dari dua gerbang tol berbeda (Jatiluhur dan Cikampek).

Dari pantauan Republika, pengendara yang masuk dari Gerbang Tol Cikampek masih dapat melajukan kendaraannya hingga 60 km/jam. Sedangkan pengemudi yang masuk melalui Gerbang Tol Cipularang hanya bisa memacu kendaraannya hingga 20 km/jam .

Namun begitu, pertemuan dua kelompok kendaraan pada KM 66+800 menyebabkan kepadatan arus lalu lintas. Situasi itu diperparah dengan perlambatan laju kendaraan yang hendak menuju Tempat Istirahat pada KM 62.