SPBU Jalur Puncak Tempat Istirahat Favorit Pemudik Motor

Red: Taufik Rachman

Kamis 23 Aug 2012 00:34 WIB

 Kesibukan di salah satu SPBU. Foto: Antara/Zabur Karuru Kesibukan di salah satu SPBU.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Arus balik pemudik sepeda motor yang melintas di kawasan Puncak mulai terlihat melintas pada H+3 Lebaran Idul Fitri, para pemudik ini terlihat memanfaatkan SPBU sebagai tempat beristirahat sementara.

Sejumlah SPBU yang ada mulai dari Jalan Raya Gadog Puncak hingga sepanjang kawasan Puncak dipadati para pengendara sepeda motor.

Seperti SPBU 34-16711 di Jalan Raya Gadog, 34-167006 di Jalan Raya Puncak Cibogo dan 34-16701 di Jalan Raya Puncak KM 61 Cipayung.

Para pemudik ini memanfaatkan SPBU selain untuk mengisi bahan bakar minyak, juga untuk beristirahat makan dan menggunakan toilet atau mushola.?

"Sekalian isi bensin dan istirahat sejenak lepas lelah dari perjalanan jauh," kata Hendra warga Tanggerang yang baru pulang mudik dari Cianjur.

Hendra memilih untuk kembali pulang ke Tanggerang di hari ke empat lebaran karena besok (Kamis-red) dia sudah harus masuk kerja.

Menurut Hendra, selama di perjalanan mulai dari Cianjur arus lalu lintas pagi harinya lancar. Penyumbatan arus mulai terjadi begitu memasuki Puncak. "Pagi masih lancar, setelah masuk Puncak arus mulai tersendat," katanya.

Hendra yang berangkat mudik bersama anak dan istrinya serta sejumlah teman sekampung halaman, memilih beristirahat di SPBU untuk menghilangkan penat setelah jauh berjalan.

Sementara itu, menurut salah seorang petugas SPBU di Jalan Raya Bogor, menyebutkan, pengendara sepeda motor sengaja mamanfaatkan fasilitas di SPBU untuk beristirahat.?

Selain pemudik, mereka kebanyakan juga pengunjung tempat wisata di Puncak yang mengendarai sepeda motor.

Menurut petugas SPBU tersebut, kondisi tersebut rutin terjadi setiap libur Lebaran.?

"Sudah rutin setiap lebaran SPBU dijadikan tempat beristirahat pengendara motor. Mereka sekalian isi bahan bakar juga numpang ke toilet," kata Amir.

Menurut Amir, para pengendara sepeda motor yang beristirahat di SPBU sudah terlihat sejak pagi hingga malam. Kebanyakan dari mereka ada yang konvoi, atau hanya satu keluarga.