Arus Balik di Terminal Bekasi Mulai Tampak

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Dewi Mardiani

Rabu 22 Aug 2012 22:45 WIB

Terminal Bekasi Foto: antara Terminal Bekasi

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI TIMUR -- Sejumlah masyarakat mulai kembali dari kampung halaman Selasa (21/8) lalu. Keadaan tersebut juga berlaku pada terminal Induk Bekasi yang mulai diramaikan masyarakat yang datang ke terminal ini.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) terminal induk Bekasi, Zeno Bachtiar mengatakan pada Selasa (21/8) atau H+1 lalu, jumlah penumpang arus balik ke terminal ini sebanyak 7.711 orang dengan bus 410 unit. "Rute terbanyak adalah bus dari Bandung sebanyak 54 bus, Tasikmalaya (46 bus), Merak (41 bus) Tangerang (41 bus), dan Jawa (33 bus).

Zeno menuturkan, arus mudik masih terus berlangsung hingga saat ini. "Kalau sesuai dengan tren tahun-tahun sebelumnya, puncak arus mudik pada H+4 dan H+3 mendatang," kata dia, Rabu (22/8).

Tetapi, lanjut Zeno, arus puncak balik tahun ini diperkirakan terpecah menjadi dua. "Ini karena Pegawai Negeri Sipil (PNS), Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) masuk Kamis (23/8) mendatang," ucap Zeno.

Sedangkan karyawan swasta masuk pada Senin (27/8) mendatang. "Meski begitu, kami dapat memastikan ketersediaan bus cukup," kata Zeno. Zeno berharap adanya angkutan yang berkualitas selama arus balik.

Pantauan di hari kedua setelah idul fitri ini (H+2), arus balik di terminal ini sudah cukup ramai meski tidak sampai terjadi antrean penumpang. Para penumpang juga sudah cukup banyak yang lalu lalang di terminal kedatangan bus.