Pemudik Roda Dua Mulai Padai Jalinsum

Red: Djibril Muhammad

Rabu 22 Aug 2012 19:26 WIB

  Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) yang sudah mulus (ilustrasi). Foto: Republika/Maspril Aries Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) yang sudah mulus (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Soekarno-Hatta, Bandarlampung, pada hari kedua (H+2) setelah Lebaran 1433 Hijriah mulai dipenuhi sepeda motor. Berdasarkan pantauan di sekitar jalan negara itu di Bandarlampung, Rabu, (22/8) menunjukkan banyak kendaraan roda dua yang menuju Pelabuhan Bakauheni, Kalianda, Lampung Selatan.

Para pemudik mengejar pulang pada hari ini mengingat libur Lebaran telah berakhir pada Rabu (23/8). Sebagian besar pemudik merupakan pegawai formal baik di instansi pemerintah maupun swasta.

Pemudik sepeda motor itu terlihat konvoi melintas Jalinsum, Lampung dan tidak sedikit diantara mereka berboncengan bertiga serta membawa barang bawaan cukup banyak. Pemudik sepeda motor itu juga terlihat ugal-ugalan dengan memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi. Sehingga dapat membahayakan keselamatan mereka maupun pengguna kendaraan lain.

Indra karyawan swasta yang bekerja di Tangerang, Banten, mengatakan dirinya kembali ke daerah itu mengingat libur Lebaran telah berakhir hari ini. "Besok, saya sudah mulai bekerja karena itu berangkat ke Tangerang hari ini," kata warga Kota Metro, Lampung itu.

Ia mengatakan, mudik Lebaran menggunakan kendaraan motor mengingat lebih praktis dan irit. Meskipun lanjut dia rIsiko yang dihadapi pada arus mudik maupun balik menggunakan motor lebih besar dibandingkan naik bus.

Berdasarkan data dari PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni hingga Rabu siang jumlah penumpang pejalan kaki mencapai 20.060, roda dua 3.073 unit, roda empat 1.248 unit, bus 12 unit, truk 30 unit.

Terpopuler