Di Terminal Lebakbulus, Mudik Masih Ramai, Arus Balik Sepi

Rep: Rusdy Nurdiansyah / Red: Djibril Muhammad

Rabu 22 Aug 2012 18:40 WIB

Terminal Kalideres Terminal Kalideres

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAKBULUS - Suasana arus mudik masih terlihat ramai sedangkan arus balik masih sepi. Situasi itu terjadi di terminal bus Lebakbulus, Jakarta Selatan, Rabu (22/8). ''Terminal bus Lebakbulus masih terlihat normal, masih banyak masyarakat yang mudik ke kampung, hanya sedikit arus balik,'' ujar Suarta Sebayang, Kepala Terminal Bus Aantar Kota Antar Provinsi (AKAP) Lebakbulus, Jakarta Selatan, Rabu (22/8).

Dikatakannya, pada H+1 kemarin, tercatat jumlah bus yang datang sebanyak 339 bus dengan jumlah penumpang 4.419 orang. Diprediksi, puncak arus balik di terminal ini akan berlangsung pada H+5 atau Sabtu (25/8) mendatang. Meski pada Kamis (23/8) besok sebagian warga harus kembali bekerja, namun belum ada lonjakan penumpang yang berarti.

Terlebih, libur anak sekolah baru usai pada Ahad (26/8). Anak sekolah baru masuk Senin (27/8). ''Jadi diperkirakan puncak arus balik pada hari Sabtu,'' kata Suarta.

Diungkapkan Suarta, pada H+1 kemarin, jumlah penumpang yang datang mencapai 4.419 orang. Jumlah penumpang pada H+1 arus balik ini meningkat dibandingkan pada tahun sebelumnya yang hanya 3.713 penumpang.

Pada arus balik 2011, puncak arus balik juga terjadi pada H+5 yakni mencapai 14.134 penumpang dengan 612 bus. ''Untuk itu kita prediksi puncak arus balik juga sama seperti tahun lalu. Diperkirakan jumlah penumpang pada hari ini juga mulai meningkat,'' ungkapnya.

Namun lanjutnya, pihaknya tidak bisa memprediksi jumlah penumpang pada arus balik kali ini. Terlebih banyak penumpang yang turun tidak di terminal. ''Banyak penumpang yang turun di jalan, jadi tidak bisa menghitung dengan pasti jumlahnya,'' tegas Suarta.

Menurut Suarta, rata-rata penumpang yang datang di terminal Lebakbulus berasal dari kota-kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Sumatera.

Terpopuler