Arus Balik Mulai Padati Lintas Sumatera

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Rabu 22 Aug 2012 18:03 WIB

  Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) yang sudah mulus (ilustrasi). Foto: Republika/Maspril Aries Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) yang sudah mulus (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MUSI RAWAS  -- Kendaraan arus balik Idul Fitri 1433 Hijriah yang melintas di Jalan Lintas Sumatra, wilayah Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatra Selatan, mulai memadati jalur tersebut.

"Arus balik lebaran pada hari ini mulai memadati Jalan Lintas Sumatra dan diperkirakan akan mencapai puncaknya pada Kamis dan Jumat nanti," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Musi Rawas, Ari Narsa JS, di Musi Rawas, Rabu (22/8).

Arus balik Lebaran yang melewati jalur tersebutk kata dia, didominasi kendaraan pribadi dan kendaraan penumpang jenis travel dan mini bus. Sedangkan untuk angkutan bus kota masih terlihat sedikit.

Kendaraan mulai memenuhi lintas Sumatera pada siang dan sore hari, mereka datang dari arah Provinsi Jambi, Padang, Aceh, Medan, Bengkulu dan beberapa kota lainnya dengan tujuan kota-kota di Jawa. Kendaraan arus balik ini berjalan secara konvoi.

Volume arus balik di daerah itu pada H+4 tambah dia, per harinya mencapai 300 kendaraan pribadi dan 40 unit jenis bus kota, jumlah tersebut meningkatkan dibandingkan dengan tahun-sebelumnya dan puncak arus balik ini diperkirakan mencapai 450 kendaraan pribadi dan 50 unit kendaraan jenis bus kota.

Untuk membantu kelancaran pemudik yang lewat di daerah itu pemkab setempat sudah mempersiapkan enam Poskotis lebaran yang tersebar di Jalinsum sebanyak dua posko yakni di Simpang Agropolitan Kecamatan Muara Beliti dan Posko di Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Rupit.

Terpopuler