Jalinsum Berdebu Tipis saat Perayaan Idul Fitri

Red: Didi Purwadi

Ahad 19 Aug 2012 09:17 WIB

Jalan raya Lintas Timur Sumatra Foto: skyscrapercity.com Jalan raya Lintas Timur Sumatra

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Jalan lintas timur Sumatera ruas Rajabasa-Panjang Bandarlampung yang biasanya macet setiap hari kini terlihat lengang pada hari pertama Idul Fitri 1433 Hijriyah. Sehingga, kendaraan bisa melaju lancar.

Berdasarkan pantauan di sejumlah titik Jalan lintas timur (Jalinsum) pada Minggu, volume kendaraan yang melintas jauh lebih sedikit dibandingkan hari-hari biasa. Namun, masih ada satu dua kendaraan pemudik yang melintasi jalan nasional itu.

Kendaraan yang melintas kebanyakan kendaraan roda dua. Bus kota antarprovinsi juga ada satu dua melintas menuju Pelabuhan Bakauheni. Sedang, truk barang nyaris tidak ada yang melintas pada Minggu pagi.

Karena volume kendaraan yang melintas hanya sedikit, kondisi Jalinsum kini hanya berdebu tipis. Tidak ada lagi kendaraan yang melintasi jalan tanah urukan yang belum beraspal. Karena arus lalu lintas lancar di jalur utama.

Jalinsum ruas Rajabasa -Panjang Bandarlampung-Bakauheni adalah jalur utama transportasi darat dari Sumetera ke Jawa atau sebaliknya. Hampir semua kendaraan dari Sumatera ke Jawa atau sebaliknya selalu mengambil lintas tengah itu sebagai rute perjalanannya karena lebih aman. Jarak tempuhnya pun lebih pendek.

Terpopuler