Arus Mudik di Pelabuhan Merak Kian Memuncak

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Heri Ruslan

Jumat 17 Aug 2012 05:54 WIB

   Sejumlah kendaraan pemudik menunggu kedatangan kapal roro di Pelabuhan Merak, Banten, kamis (16/8).(Agung Supriyanto/Republika) Sejumlah kendaraan pemudik menunggu kedatangan kapal roro di Pelabuhan Merak, Banten, kamis (16/8).(Agung Supriyanto/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK – Arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten, kian memuncak Jumat (17/8).  Ribuan pemudik tampak membanjiri area parkir di kelima dermaga penyeberangan.

Sejak pukul 00.00—02.00 WIB, para calon penumpang kelas ekonomi tampak berjubel mengantre di keenam loket pembayaran tiket. Tidak itu saja, loket cadangan pun terpaksa dibuka untuk melayani pemudik yang membludak. Ruang tunggu penumpang juga dipadati pemudik tujuan Sumatra ini.

Berdasarkan pantauan ROL, hingga pukul 03.00 WIB, ratusan kendaraan yang terdiri dari bus, mobil pribadi, dan sepeda motor terus berdatangan. Sejumlah polisi pun terlihat sibuk mengatur lalu lintas menuju pelabuhan yang kian padat.

 

Antrean kendaraan di Tol Gate Merak terlihat semakin memanjang. Dari Dermaga 5, akses menuju pelabuhan tampak tersendat. “Macetnya parah,” ujar Supri (26), salah satu penumpang bus asal Jakarta.