ASDP Merak Sediakan Kapal Khusus Pemudik Bermotor

Rep: Mg03/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Jumat 17 Aug 2012 04:35 WIB

  Sejumlah pemudik yang menggunakan motor menunggu kedatangan kapal roro di Pelabuhan Merak, banten, kamis (16/8).(Agung Supriyanto/Republika) Sejumlah pemudik yang menggunakan motor menunggu kedatangan kapal roro di Pelabuhan Merak, banten, kamis (16/8).(Agung Supriyanto/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- Dalam upaya perbaikan pelayanan bagi para pemudik, PT Angkutan Sungai Darat Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Merak, mulai hari ini memberlakukan kebijakan khusus bagi pemudik bersepeda motor. Menurut Direktur Usaha Pelabuhan PT ASDP Indonesia Ferry, Parsetyo Bhakti Utomo, khusus penumpang dengan kendaraan roda dua akan diarahkan ke dermaga 4 dan 5.

Bila sudah masuk puncak arus mudik, kapal di dermaga 4 dan 5 akan dikhususkan untuk mengangkut pemudik yang menggunakan motor. Kebijakan ini dilakukan semata-mata untuk keadilan bagi para pengendara motor.

Pihak ASDP menilai mereka (pengendara motor) lebih capek dan rentan terkuras energinya. "Dalam rangka kemanusiaan, kita akan membuat dalam satu kapal hanya berisi pemudik yang menggunakan motor saja. Di dalamnya tidak akan dicampur dengan kendaraan pribadi, hanya motor saja," tambahnya.

Terpopuler