Puncak Arus Mudik Mulai Terlihat di Pelabuhan Merak

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Chairul Akhmad

Kamis 16 Aug 2012 21:10 WIB

  Sejumlah pemudik yang menggunakan mobil pribadi menunggu kedatangan kapal roro di Pelabuhan Merak, Banten, kamis (16/8). Foto: Republika/Agung Supri Sejumlah pemudik yang menggunakan mobil pribadi menunggu kedatangan kapal roro di Pelabuhan Merak, Banten, kamis (16/8).

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK – Gejala puncak arus mudik tahun ini mulai terlihat di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (16/8).

Data produksi harian Pelabuhan Merak pada H-3 ini dari pukul 12.00 sampai dengan 16.00 WIB, kapal yang beroperasi sebanyak 30 buah dengan penyeberangan sebanyak 32 trip.

Jumlah penumpang yang diangkut sebanyak 31.385 orang. Sementara kendaraan roda dua yang masuk selama empat jam tersebut berjumlah 2.034 unit dan kendaraan roda 4 atau lebih sebanyak 3.652 unit.

"Kemungkinan malam ini akan terjadi peningkatan arus mudik yang signifikan di sini," ujar Humas pada Kantor Pusat ASDP Indonesia Ferry, Intan Sugiharti, Kamis (16/8).

Berdasarkan pantauan ROL, dari sore hingga pukul 19.20 WIB, aktivitas di Pelabuhan Merak cukup sibuk. Antrean kendaraan pribadi terlihat sampai di Dermaga V. Puluhan pemudik pejalan kaki juga tampak berlalu-lalang.

Sebagian dari mereka menunggu giliran di depan loket pembayaran penumpang. Pada jam-jam yang sama, pemandangan ini tidak didapati di hari-hari sebelumnya.

Kendati demikian, loket cadangan belum dibuka hingga laporan ini dibuat. Dengan kata lain, loket reguler yang ada masih mampu melayani penumpang yang masuk ke pelabuhan.

Laporan BMKG setempat menyebutkan, kondisi cuaca dan angin di sekitar kawasan pelabuhan tampak normal. Selain itu, gelombang laut juga tenang, sehingga penyeberangan bisa dilakukan dengan lancar.

Terpopuler