Jumlah Pemudik di Terminal Rawamangun Meningkat

Rep: Asep Wijaya/ Red: Chairul Akhmad

Kamis 16 Aug 2012 19:10 WIB

Terminal Bus Rawamangun, Jakarta. Foto: blogspot.com Terminal Bus Rawamangun, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Jumlah pemudik yang hendak menggunakan jasa bus di Terminal Rawamangun menunjukkan tren meningkat. Fakta tersebut didasarkan pada data eskalasi penumpang yang kian bertambah menjelang hari H Lebaran.

Kepala Terminal Rawamangun, Didi Sadiry, mengungkapkan ada tren yang meningkat dari perkembangan jumlah penumpang sejak H-7 hingga H-4 lebaran di Terminal Rawamangun.

Bila dipersentase, angkanya mencapai 30 persen. "Berdasarkan data yang ada, kemungkinan besar tren peningkatan ini akan terus berlangsung hingga H-1 Idul Fitri," ungkap Didi saat ditemui ROL di ruang kerjanya, Kamis (16/8).

Kepadatan penumpang di Terminal Rawamangun, menurut Didi, mulai terasa sejak pagi hari pukul 07.00 WIB. Peningkatan jumlahnya terus berlangsung hingga pukul 12.00 WIB.

Setelah lewat pukul 14.00 WIB, jumlah penumpang lambat laun mulai berkurang. Hal ini disebabkan karena sejumlah bus mulai diberangkatkan pada pukul 14.00 - 20.00 WIB. "Oleh karena itu, penumpang yang ada di terminal terus berkurang karena mereka sudah naik kendaraan," papar Didi.

Dari pantauan ROL pukul 14.00 - 16.00 WIB, kursi tunggu yang tersedia di Terminal Bus Rawamangun telah diduduki penumpang. Bahkan, sejumlah kursi yang totalnya kurang lebih berjumlah 100 unit itu terlihat ditempati oleh dua orang. Beberapa pemudik juga terpantau duduk di lantai sambil meluruskan kakinya. Sebagian besar dari mereka adalah ibu-ibu yang membawa anak balita.

Terpopuler