ASDP Merak Klaim Pemudik Tak Perlu Mengantre Lama

Rep: sefti oktarianisa/ Red: Taufik Rachman

Kamis 16 Aug 2012 16:07 WIB

Antrean kendaraan di Pelabuhan Merak Foto: Agung Supri/Republika Antrean kendaraan di Pelabuhan Merak

REPUBLIKA.CO.ID,MERAK - Jumlah pemudik yang melintasi Pelabuhan Merak Banten terus meningkat. Bahkan dari data PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), total penumpang yang sudah disemberangkan ke Pulau Sumatera mencapai 85.903 penumpang dengan komposisi 8.284 motor, 7.863 mobil dan 790 truk.

Menurut Corporate Secretary ASDP Christine Hutabarat, peningkatan signifikan pergerakan arus mudik tahun ini sudah diprediksi sebelumnya terutama pada H-3. Karenanya pihak ASDP sudah terus berkoordinasi dengan operator kapal untuk menyiagakan kapalnya saat arus puncak mudik malam ini.

“Pada H-4 ini Pelabuhan Merak sudah mengerahkan 30 kapal untuk melayani pemudik dengan trip sebanyak 96 trip. Hasilnya pemudik tidak harus menunggu terlalu lama untuk diangkut kapal dan H-4 ini tidak ada antrean signifikan” katanya Kamis (16/8).

Jika dibandingkan dengan data produsksi H-4 lebaran tahun lalu, ada penurunan sebanyak  11 persen untuk penumpang, 17 persen untuk motor, dan 14 persen untuk mobil truk.  Melihat tren penurunan ini, menurut Christine, pada malam H-3 ini akan terjadi peningkatan signifikan  pergerakan mudik.

“Oleh karena itu kami akan kembali mengerahkan sumber daya dan alat produksi secara maksimal. Supaya menyeberangkan pemudik dengan aman dan nyaman “ tegas Christine.

Terpopuler