Pelabuhan Merak Sepi Saat Maghrib

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Chairul Akhmad

Rabu 15 Aug 2012 19:26 WIB

Suasana di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (15/8) sore. Foto: Republika/Agung Supri Suasana di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (15/8) sore.

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK – Sehabis Maghrib, beberapa jalur akses menuju Pelabuhan Merak tampak sepi, Rabu (15/8). Begitu juga dengan sejumlah dermaga di pelabuhan itu, tidak terlihat adanya aktivitas yang sibuk.

Dari hasil pantauan ROL, area parkir di Dermaga 1, Dermaga 5, serta tenda motor 1A tampak sepi. Hanya beberapa bus dan mobil pribadi tampak mendiami area parkir di Dermaga 2.

Tol gate untuk sepeda motor hampir kosong. Flyover Pelabuhan Merak yang terpantau dari Menara Air pun masih lengang. "Kemungkinan jam 23.00 WIB nanti baru sibuk," kata Manajer Pelabuhan Komersil pada Kantor Pusat ASDP Indonesia Ferry, Riyadi.

Menurut perkiraannya, dari yang sudah-sudah, para pemudik saat-saat Maghrib kebanyakan masih berada di rumah. "Mereka berbuka dulu, setelah jam 19.00 WIB baru berangkat," kata Riyadi.

Dengan estimasi waktu tempuh rata-rata 3-4 jam perjalanan, mereka akan sampai di pelabuhan pada waktu bersamaan, yakni sekitar pukul 23.00 WIB. "Pola inilah yang menjadikan Pelabuhan Merak lebih sibuk di malam hari," imbuhnya.

Semakin mendekati Lebaran, kepadatan ini biasanya akan berlangsung hingga menjelang sahur.

Terpopuler