Malam Ini Penumpang Kereta di Stasiun Gambir Meningkat

Red: M Irwan Ariefyanto

Sabtu 11 Aug 2012 21:30 WIB

Ratusan warga yang akan mudik memenuhi Stasiun Gambir, Jakarta. Foto: Republika/Aditya Pradana Putra Ratusan warga yang akan mudik memenuhi Stasiun Gambir, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Jumlah penumpang menggunakan kereta api pada H-10 jelang Hari Raya Idul Fitri di Stasiun Gambir mengalami peningkatan sekitar 15 persen. "Jumlah penumpang pada H-10 tahun ini mengalami peningkatan sekitar 15 persen dibanding pada H-10 tahun 2011," kata Wakil Kepala Stasiun Gambir, Rahmat di Jakarta, Sabtu malam.

Jumlah penumpang kereta pada H-10 tahun 2011 sebanyak 3.156 orang sedangkan pada H-10 tahun 2012 sebanyak 4.408 orang, katanya. "Penumpang yang paling banyak berangkat dari Stasiun Gambir menuju ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kereta yang tersedia sebanyak 48 unit dan dilakukan penambahan 14 kereta lagi," katanya. 

Selain kereta api untuk keberangkatan jarak jauh, Stasiun Gambir juga tempat pemberangkatan untuk jarak dekat seperti Bandung, Cirebon dan sekitarnya. "Puncak arus mudik di Stasiun Gambir diperkirakan terjadi pada H-3 jelang Hari Raya Idul Fitri," kata Rahmat.

Pihak Stasiun Gambir seperti pada tahun-tahun sebelumnya juga menyediakan posko kesehatan untuk penumpang yang keberangkatan dan kedatangan di Stasiun Gambir. "Posko kesehatan siap 24 jam terbagi atas dua shift yang dilayani satu orang dokter dan tiga paramedis," kata Rahmat.

Terpopuler