Jelang Idul Fitri, Polres Karangasem Tambah Posko

Red: Chairul Akhmad

Sabtu 11 Aug 2012 20:27 WIB

 Pemudik melintas (ilustrasi). Foto: Antara/Oky Lukmansyah Pemudik melintas (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, AMLAPURA – Kepolisian Resor Karangasem, Bali, menambah tiga unit pos koordinasi di ruas jalur mudik.

"Dengan adanya penambahan tiga posko itu, maka secara keseluruhan jumlahnya menjadi enam," kata Kepala Polres Karangasem, AKBP Rudy Efendy, di Amlapura, Sabtu (11/8).

Ia menyebutkan ketiga posko tambahan itu berada di sepanjang ruas jalur Pelabuhan Padangbai-Amlapura, tepatnya di Manggis, Sengkidu, dan Sanghyang Ambu. Sebelumnya, Polres Karangasem telah mendirikan posko mudik Lebaran di Yeh Malet, Pertigaan Padangbai, dan Pelabuhan Padangbai.

"Posko itu untuk memantau kondisi arus lalu lintas sekaligus untuk mengurangi terjadinya kecelakaan di jalur mudik," kata Kapolres. Ia menyebutkan beberapa lokasi rawan terjadinya kecelakaan, terutama Pangitebal, Sanghyang Ambu, dan Sengkidu.

Lokasi-lokasi tersebut merupakan jalur lalu lintas yang dilalui para pemudik dari dan tujuan Lombok melalui Pelabuhan Padangbai. Sementara itu, mulai Sabtu pagi sudah mulai terlihat adanya penambahan pasukan kepolisian di Pelabuhan Padangbai.

Menurut Rudy, pihaknya mengerahkan pasukan dari Polres Karangasem untuk membantu pengamanan di pelabuhan penyeberangan menuju Lombok itu. Selain kepolisian, pengamanan di jalur mudik, terutama di Pelabuhan Padangbai juga dilakukan oleh personel Kodim Karangasem dan petugas keamanan desa adat atau "pecalang".

Terpopuler