Kapolri: Pemudik Motor Pakai Bus Saja

Red: Hafidz Muftisany

Sabtu 11 Aug 2012 03:50 WIB

  Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo memeriksa pasukan saat upacara gelar pasukan Operasi Ketupat 2012 di Lapangan Monas, Jakarta, Jumat (10/8). ( Agung Fatma Putra) Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo memeriksa pasukan saat upacara gelar pasukan Operasi Ketupat 2012 di Lapangan Monas, Jakarta, Jumat (10/8). ( Agung Fatma Putra)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kapolri Jenderal Timur Pradopo menyarankan pemudik yang akan menggunakan motor beralih menggunakan bus.

"Yang jadi masalah adalah tingginya minat para pemudik motor. Sekitar 75 persen dari kecelakaan mudik Lebaran pada tahun 2010-2011 didominasi oleh pengguna sepeda motor," kata Timur saat Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat "Ketupat Jaya 2012" di Silang Monas, Jakarta, Jumat (10/8).

Guna mengatasi hal tersebut, lanjut Timur, Polri akan melakukan berbagai langkah preventif dengan terus memberikan himbauan kepada seluruh pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Selain itu, menurut Timur, TNI juga akan mempersiapkan kapal besar untuk menampung pemudik yang menggunakan sepeda motor.