Heryawan: Jabar Siap Dilewati Jutaan Pemudik

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Hafidz Muftisany

Jumat 10 Aug 2012 13:28 WIB

Ahmad Heryawan Foto: pemprov jabar Ahmad Heryawan

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG—Lebaran tahun ini, Jawa Barat (Jabar) termasuk daerah yang paling banyak dilewati pemudik. Dari sekitar 5,6 juta pemudik yang ada di Indonesia, sebagian besar akan melalui jalur mudik dan arus balik di wilayah Jabar.

"Provinsi Jabar palng banyak dilalui pemudik. Orang mau ke Yogyakarta, Jateng, Jatim, semua lewat Jabar. Kita provinsi yang paling banyak dilalui pemudik, jadi jelas harus siap," ujar Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan usai Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya di Lapangan Gasibu, Jumat (10/8/2012).

Menurut Heryawan, gelar pasukan yang digelar Jumat (10/8) ini  menandakan Jabar siap menghadapi arus mudik dan balik nanti. Selain secara keamanan siap, dari sisi kondisi jalan yang akan dipakai arus mudik dan balik, juga sekarang jauh lebih baik dibanding sebelumnya.

"Sarana jalan Insya Allah lebih siap dari tahun lalu," tegas Heryawan.

Heryawan menjelaskan, beberapa titik setiap tahun biasanya mengalami kemacetan. Misalnya, Simpang Jomin dan Nagrek. Namun, sekarang kemacetan di jalan tersebut sudah teratasi dan pindah ke Gentong.

"Tapi Gentong pun ada jalan alternatif baru dan bisa difungsikan H-10," imbuhnya.