Menkominfo Gelar Apel Akbar Persiapan Mudik

Red: Heri Ruslan

Senin 06 Aug 2012 13:30 WIB

Antrean panjang kendaraan bermotor di Jalan Raya Cipacing, Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jabar, Ahad (4/9). Arus balik kendaraan para pemudik mencapai puncaknya pada Ahad. Foto: Republika/Aditya Pradana Putra Antrean panjang kendaraan bermotor di Jalan Raya Cipacing, Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jabar, Ahad (4/9). Arus balik kendaraan para pemudik mencapai puncaknya pada Ahad.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Tifatul Sembiring, bersama segenap jajarannya menggelar apel akbar dengan seluruh operator telekomunikasi dan mitra kerjanya sebagai salah satu upaya persiapan jaringan telekomunikasi menjelang mudik dan lebaran 2012.

"Apel siaga ini untuk mengetahui kesiapan seluruh pihak termasuk jajaran Kominfo sendiri berikut mitra kerjanya di lapangan dalam menghadapi mudik nanti. Kita juga akan bersama-sama melakukan test drive di titik-titik yang berpotensi menjadi kantong kemacetan," kata Menkominfo, Tifatul Sembiring, di Jakarta, Senin.

Pihaknya memantau, dari tahun ke tahun kendala jaringan menjadi salah satu masalah yang terjadi saat libur mudik dan lebaran. Oleh karena itu, harus dilakukan persiapan yang baik dan matang agar kendala dapat diminimalisir mengingat saat mudik nanti akan terjadi mobilisasi arus yang besar.

"Tradisi mudik membuat orang bergerak mobile tak cuma di satu titik. Oleh karena itu kami mengimbau agar seluruh operator all out dalam memberikan pelayanan yang baik," katanya.

Ia menambahkan, beban operator telekomunikasi memang semakin berat terlebih saat ini jumlah pengguna sarana telekomunikasi di Indonesia terus meningkat.

Pihaknya merencanakan pelaksanaan uji jaringan akan dimulai dengan empat rute meliputi Jakarta - Cirebon - Pemalang, Jakarta - Cileunyi - Nagrek - Garut - Tasikmalaya, Jakarta - Merak - Bandar Lampung, serta Jakarta - Semarang - Yogyakarta - Solo.

"Test akan dilakukan pada H-7 dan H+7 lebaran dan kita harapkan semuanya dapat berjalan dengan lancar," katanya.

Uji jaringan telekomunikasi tersebut akan meliputi tes untuk menilai jaringan dari setiap operator dalam hal panggilan telepon, dropped call, hingga blocked call.

Pada kesempatan yang sama, Tifatul juga mengimbau agar para pengendara tidak menggunakan alat telekomunikasi saat berkendara ketika mudik karena akan sangat berbahaya baik bagi dirinya maupun pengendara yang lain.

Terpopuler