Arus Balik Bakauheni-Merak Lancar

Rep: Muhammad Fakhruddin/ Red: Didi Purwadi

Jumat 02 Sep 2011 17:08 WIB

Antre di Bakauheni Antre di Bakauheni

REPUBLIKA.CO.ID,CILEGON – Arus balik Lebaran yang melintasi Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak masih lancar. Puncak lonjakan penumpang dan kendaraan diprediksi bakal terjadi mulai Sabtu (9/2) malam.

“Bakauheni padat tapi bisa teratasi dengan 30 kapal,” kata Direktur Usaha Pelabuhan Indonesia Ferry, Prasetyo B Utomo, Jum’at (9/2).

Prasetyo mengatakan, hingga kini terdapat sekitar 10 ribu penumpang dan 1.500 unit kendaraan yang melalui Pelabuhan Bakauheni. “Puncak arus balik diprediksi besok,” kata Prasetyo.

Meski bakal terjadi lonjakan, kata Prasetyo, antrean kendaraan di Pelabuhan Bakauheni tidak akan separah di Pelabuhan Merak ketika arus mudik lalu. Sebab, parkir di Pelabuhan Bakauheni lebih besar. “Selain itu, sebanyak 5 dermaga di Bakauheni kita operasikan semua,” kata Prasetyo.

Prasetyo menambahkan, pihaknya tetap mengantisipasi lonjakan penumpang dan kendaraan pada puncak arus balik nanti. Sebab, belajar dari arus mudik kemarin, lonjakan penumpang dan kendaraan ternyata di luar prediksi.

Sejak H-7 sampai H-2 arus mudik Lebaran, peningkatan penumpang pejalan kaki sudah mencapai 77.058 orang, pemudik bermotor sebanyak 35.914 kendaraan, dan mobil sebanyak 31.174 kendaraan.

Terpopuler