Kendaraan Arus Balik Padati Pantura Jateng

Red: Didi Purwadi

Jumat 02 Sep 2011 11:06 WIB

Sejumlah kendaraan terjebak macet saat akan melintasi jembatan kali Pemali di jalur Pantura, Brebes, Jateng. Foto: Antara/Oky Lukmansyah Sejumlah kendaraan terjebak macet saat akan melintasi jembatan kali Pemali di jalur Pantura, Brebes, Jateng.

REPUBLIKA.CO.ID,BREBES - Iring-iringan kendaraan pemudik roda dua maupun mobil pribadi dari arah timur tujuan Jakarta memadati jalur pantai utara Jawa Tengah pada Jumat (2/9) ini. Bahkan, arus kendaraan sempat tersendat di sejumlah titik rawan kemacetan.

Berdasarkan pantauan arus balik di jalur Pemalang hingga Brebes, arus kendaraan dari arah timur ke barat terlihat lebih padat dibanding beberapa hari sebelumnya. Kendaraan mobil ataupun sepeda motor bernomor polisi Jakarta dan sekitarnya dengan bawaan tas dan kardus besar mulai memadati jalur utama pantura.

"Saya berangkat dari Semarang sekitar pukul 07.00 WIB. Sehingga kalau tidak macet, saya akan sampai Jakarta tidak terlalu malam," kata Harfi (46), pemudik asal Semarang, di Pemalang, Jumat.

Menurut dia, sepanjang perjalanan dari Semarang, arus lalu lintas sudah mulai ramai terutama kendaraan dari arah timur. Bahkan, sejumlah titik sempat terjadi kemacetan seperti jalan depan Pasar Batang, Pasar Wiradesa Kabupaten Pekalongan dan Pasar Bulakamba Brebes. Kemacetan akibat aktivitas pedagang dan pembeli serta lalu lalang penyeberang jalan.

Kepadatan arus lalu lintas juga terlihat di pertigaan Pejagan karena arus kendaraan dari jalur tengah menuju jalur pantura Brebes mulai padat. Begitu pula sebaliknya, arus kendaraan dari arah pantura menuju tol masuk Pejagan tampak ramai di sepanjang jalur rawan macet tersebut.

Menurut petugas Pos Pam Exit Tol Pejagan, Jasirun, peningkatan arus kendaraan di jalur tol Pejagan terjadi sejak Kamis siang. Namun, tidak terjadi kemacetan ataupun penumpukan kendaraan sehingga sepanjang jalur Pejagan ramai lancar.

Berdasarkan hasil penghitungan sementara, jumlah kendaraan yang keluar dari Jawa Tengah melalui pintu tol Pejagan mulai pukul 00.00 - 09.00 WIB tercatat sebanyak 19.588 unit. Jumlah tersebut terdiri atas mobil penumpang 17.750 unit, mobil beban 643 unit, dan bus 1.195 unit.

Terpopuler