Pemudik Motor akan Diangkut Dua Kapal

Rep: agung sasongko/ Red: taufik rachman

Sabtu 27 Aug 2011 17:03 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,MERAK--PT. Angkutan Sungai, Danau, dan Pelabuhan (ASDP), Indonesia Ferry, Cabang Utama Merak menyiapkan dua kapal khusus pemudik bersepeda motor. Dua kapal yang disiapkan antara lain KM Rhodita dan KM Raja Enggano. Keduanya bersandar di dermaga V.

Direktur Usaha Pelabuhan ASDP, Prasetyo Bhakti Utomo mengatakan hingga Jum'at dini hari (26/8), pemudik bersepeda motor belum mencapai kepadatan yang signifikan. Namun dari volume yang tercatat cukup besar. Untuk itu, pihaknya menyiapkan dua kapal berkapasitas 500 unit motor. "Dua kapal ini tidak diperbolehkan menerima kendaraan selain roda dua," katanya saat ditemui, sabtu (27/8).

Selain dua kapal tadi, 31 kapal yang beroperasi akan menampung masing-masing 500 pemudik bersepeda motor. Dengan demikian diharapkan pemudik bersepeda motor tidak perlu lama menunggu dan dapat mengurangi kepadatan dermaga. "Sepeda motor tentu diprioritaskan. Kami juga mengerti mereka tentu tidak nyaman dengan asap knalpot, cuaca dan sebagainya. Kalau pengendaraan mobil tentu lebih enak, menunggu, nyalakan pendingin udara," kata dia.

Semenjak H-7, pihak ASDP mempersiapkan ruang untuk kendaraan roda dua sebesar 1.5 persen atau 500 unit. Asumsinya, 1 kendaraan roda empat sama dengan 11 kendaraan roda dua. Sementara, ASDP juga menyiapkan dermaga IV dan V selama 18 jam untuk digunakan pemuatan roda dua.

Kapolda Banten, Brigjen Polisi Eko Hadi Sutejo meminta pemudik motor untuk tidak membawa barang-barang berlebihan. Sebab, akan mengancam keselamatan pengemudi sendiri. "Sering saya ingatkan, jangan bawa barang-barang berlebihan. Kalau mau mudik pakai motor, kirim saja bawaannya via pos," kata dia.

Ia memastikan kalau ada pemudik yang ketahuan membawa barang bawaan berlebihan maka akan ditindak tegas. Begitupula bagi pemudik yang tidak membawa kelengkapan keselamatan berkendara seperti helm akan ditindak.

Dari pantauan republika.co.id, hingga Sabtu sore, volume pemudik sepeda motor yang hendak menyeberang tidak terlalu signfikan seperti Jum'at dini hari, (26/8). Namun volume kendaraan roda dua akan meningkat pada malam hari nanti.

Sementara itu, masih terlihat pemudik sepeda motor yang membawa bawaan melebih kapasitas. Namun lantaran mencegah kepadatan arus dalam dermaga, petugas belum menegur para pemudik. Padahal dengan bawaan yang melebih kapasitas, keselamatan jiwa pemudik sepeda motor begitu rentan

Terpopuler