Pelabuhan Merak Mulai Dipadati Pemudik

Rep: agung sasongko/ Red: taufik rachman

Jumat 26 Aug 2011 21:18 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,MERAK--Volume kendaraan di pelabuhan Merak, Banten, mulai meningkat. Tampak ribuan antrian kendaraan yang hendak masuk kapal penyebarangan.

Dari pantauan Republika.co.id, Jum'at Malam (26/8), antrian kendaraan baik bis reguler, kendaraan roda empat, roda dua dan truk mulai antri teratur di dermaga 3, 4 dan 5. Meski padat, alur masuk kendaraan ke dalam kapal penyebrangan relatif lancar.

Dari setiap kapal Ferry yang berlabuh di dermaga 1 hingga 5, segera terisi penuh dalam waktu satu jam. Guna mempermudah masuknya kendaraan, petugas yang berjaga mendahulukan kendaraan roda dua, disusul bis reguler dan kendaran roda empat. Pola ini memungkinkan penumpang yang hendak turun dari bis tidak menganggu masuknya kendaraan yang masuk kapal.

Sementara di dermaga dua, antrian penumpang membludak hingga 500 meter. Mereka tengah mnunggu kapal KM Dharma Kencana IX yang tengah bersandar. Kapal tersebut baru saja berlabuh 30 menit yang lalu.

Penumpang yang hendak menyeberang terlebih dahulu menunggu guna memberikan kesempatan para pemudik yang berasal dari Pelabuhan Bakaheni, Lampung untuk bongkar muatan.

Situasi ini diprediksi akan berlangsung hingga dini hari nanti. Bahkan akan lebih padat. Mengingat esok hari sudah memasuki masa cuti bersama hingga 2 September mendatang.

Terpopuler