Arus di Pantura Memadat dan Memanjang Hingga ke Arteri

Red: Siwi Tri Puji B

Jumat 26 Aug 2011 23:58 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG - Kepadatan kendaraan pemudik yang melintas menuju jalur Pantura berujung di jalan arteri Karawang wilayah Purwasari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat menyusul dilakukannya beberapa pengalihan arus oleh aparat kepolisian setempat, Jumat (26/8).

Akibat meningkatnya volume kendaraan pemudik pada H-4 Lebaran atau Jumat malam, petugas memberlakukan sistem "buka-tutup" di beberapa tempat, seperti pada lokasi selepas gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Purwakarta, di pertigaan Mutiara, di simpang Jomin, dan beberapa titik lainnya.

Selepas gerbang Tol Cikampek, petugas sempat mengalihkan arus ke jalur tengah (Sadang-Kalijati-Subang) dan menutup sementara jalan menuju jalur Pantura.

Di pertigaan Mutiara, petugas melakukan buka-tutup pada jalur menuju simpang Jomin, yakni mengalihkan arus ke Pasar Cikampek dan menutup jalur ke simpang Jomin melalui jalan By Pass Jomin.

Sedangkan di simpang Jomin, petugas sempat melakukan buka-tutup bagi kendaraan dari arah Cirebon menuju Jakarta.

Pada titik itu, petugas menutup sementara jalan menuju gerbang Tol Cikampek melewati By Pass Jomin dan mengalihkannya ke gerbang Tol Kalihurip.

Dengan dialihkannya kendaraan dari arah Cirebon menuju Jakarta melintasi gerbang Tol Kalihurip, maka gerbang Tol Kalihurip itu diberlakukan khusus gerbang masuk tol.

Dengan begitu, kendaraan tidak bisa keluar dari gerbang Tol Kalihurp dan dialihkan ke gerbang Tol Cikampek.

Pengalihan pada titik itu berdampak terhadap semakin panjangnya kepadatan kendaraan menuju jalur Pantura, karena kendaraan harus antre untuk jalur Pantura saat melewati simpang Jomin yang mengalami penyempitan jalan atau "bottle neck".

Pantauan akibat pengalihan di beberapa titik, kepadatan kendaraan pada Jumat malam semakin memanjang hingga ke jalan arteri Karawang wilayah Purwasari.

Kondisi itu terjadi karena kendaraan yang keluar dari gerbang Tol Kalihurip tidak bisa langsung menuju jalur Pantura di perempatan Kecamatan Cikampek.

Tetapi dialihkan untuk melintasi jalan arteri Karawang terlebih dahulu, kemudian memutar di bundaran Pertamina, wilayah Purwasari.

Banyaknya kendaraan berbagai jenis yang dilimpahkan arusnya ke arteri Karawang membuat tontonan gratis warga setempat. Dari mulai warga Cikampek sampai warga Purwasari keluar rumah untuk menonton ribuan kendaraan yang melintasi jalan arteri Karawang.

Terpopuler