Hatta Radjasa Pastikan Kapasitas Angkutan Lebih Dari Cukup

Red: taufik rachman

Selasa 23 Aug 2011 11:43 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan bahwa persiapan mudik untuk menghadapi Idul Fitri 1432 Hijriah yang dilakukan pemerintah hingga saat ini sudah cukup baik.

"Persiapan mudik kemarin sudah dilakukan, secara umum sudah siap, infrastruktur yang disiapkan kali ini jauh lebih baik dari tahun kemarin, sarana cukup baik, bahkan angkutan yang disediakan diperkirakan melebihi kapasitas yang akan mudik," kata Hatta di Parkir Timur Senayan Jakarta, Selasa.

Menurut dia, peningkatan arus mudik tahun 2011 ini sudah diantisipasi oleh pemerintah dengan berbagai upaya. Sebagai contoh, Kepolisian RI (Polri) memberikan fasilitas kapal bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor. "Kami apresiasi langkah Polri tersebut, karena dengan memberikan fasilitas kapal untuk sepeda motor dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan saat mudik Lebaran," katanya.

Selain mengenai kesiapan mudik, Hatta juga mengatakan bahwa stok atau ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) diperkirakan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat selama musim Lebaran 2011. "Persediaan BBM sekarang cukup untuk 20 hingga 22 hari, artinya setelah Lebaran pun stok masih cukup," tegasnya.

Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) mencatat bahwa stok BBM nasional untuk status 21 Agustus 2011 adalah sebesar 20,91 hari, artinya pada tingkat ini bisa dikatakan kondisi Normal.

Sedangkan perkiraan stok BBM nasional pada periode Idul Fitri (15 Agustus - 15 September 2011) pada dasarnya masih dalam kondisi aman, dengan rata-rata stok pada periode tersebut yaitu premium 18,6 hari, minyak tanah 77, 7 hari dan solar 20,4 hari.

Stok elpiji nasional status 21 Agustus 2011 sebesar 172,668 metrik ton yang terdiri atas stok di kilang, depot, kapal, floating storage offloading (FSO) dan Tanjung Uban.

Dengan konsumsi elpiji sebesar 14.118 metrik ton, sehingga ketahanan stok elpiji nasional yaitu sebesar 12,23 hari atau aman untuk periode 15 Agustus ? 15 September 2011.

Untuk meningkatkann stok LPG, Pertamina meningkatkan impor dari normal riga kargo per bulan menjadi enam kargo per bulan (per kargo 44.000 metrik ton) selama masa Lebaran (Idul Fitri) 1432 H.