Ini Dia Tips Persiapan Perjalanan Mudik

Red: Sadly Rachman

Senin 22 Aug 2011 16:27 WIB

pelabuhan merak

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta - Bagi warga Indonesia pada umumnya, mudik sudah menjadi tradisi bahkan agenda tahunan menjelang akhir Ramadhan untuk merayakan Idul Fitri bersama sanak saudara serta kerabat di kampung halaman setiap umat.

Sebelum melaksanakan kegiatan tersebut, alangkah baiknya kita mempersiapkan segala sesuatu yang kita butuhkan saat mudik, bukan hanya mempersiapkan barang bawaan, namun persiapan mental serta fisik juga perlu diperhatikan.

Berikut beberapa tips sederhana dan mendasar sebelum melakukan perjalanan dengan menggunakan transportasi umum maupun pribadi.

- Pastikan Kondisi Fisik kita dalam keadaan sehat, karena akan sangat menguras tenaga serta stamina saat  diperjalanan.

- Bagi pengguna kendaraan pribadi, pastikan kondisi kendaraan anda, alangkah baiknya, lakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan.

- Bawalah uang secukupnya saat perjalanan mudik, siapkan biaya perjalanan sesuai dengan yang telah anda rencanakan sebelumnya, serta pastikan barang berharga tersimpan di tempat yang aman.

- Bawalah barang bawaan seefesien mungkin, khususnya pemudik yang menggunakan transportasi umum, pastinya akan merepotkan anda, serta menghindari over weight bagasi anda.

- Bawalah peta mudik atau GPS, akan sangat membantu anda dalam perjalanan, apabila dalam perjalanan anda menjumpai kemacetan, dengan adanya peta atau GPS anda bisa mencari jalur alternatif terdekat.

- Pastikan sabar selama perjalanan, karena hal-hal yang kurang menyenangkan pasti anda temui, seperti macet ataupun kendala teknis lainnya.

Tetap menjaga konsentrasi serta ketenangan selama perjalanan, agar terhindar dari hal yang tidak kita inginkan seperti kecelakaan lalu lintas ataupun modus kejahatan lainnya seperti copet, bius, dan lain-lain yang membahayakan diri anda. " selamat Mudik".