Fakta Sejarah Nuzulul Quran yang Perlu Kita Ketahui

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

Senin 18 Apr 2022 18:53 WIB

Seniman menyelesaikan pembuatan lukisan kaligrafi pada Pameran Kaligrafi Kontemporer Internasional di Masjid Raya Jakarta Islamic Center, Jakarta, Senin (18/4/2022). Pameran yang digelar dalam rangkaian peringatan Nuzulul Quran itu menghadirkan lebih dari 100 karya seniman kaligrafi dari 26 negara dan berlangsung hingga 22 April 2022. Fakta Sejarah Nuzulul Quran yang Perlu Kita Ketahui Foto:

1

Difirmankan Allah (SWT):

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemuliaan.” (QS. Al Qadr: 1).

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi.” (QS. Ad Dukhon: 3).

Setelah itu, Alquran turun secara berangsur-angsur sesuai peristiwa yang dialami oleh Rasulullah shallallahu álaihi wa sallam. Hal ini diriwayatkan dari berbagai jalan dari Ibnu Ábbas.

Ibnu Ábbas berkata, “Alquran diturunkan pada bulan Ramadhan pada Lailatul Qadar di malam penuh berkah. Alquran tersebut turun sekaligus (jumlatan waahidatan). Kemudian Alquran turun secara bertahap sesuai dengan peristiwa, pada bulan dan hari.”(HR. Ibnu Abi Hatim, sanadnya hasan)

 

Ketidaksepakatan tentang kapan wahyu pertama terjadi tidak dapat dihindari. Selain tanggal 17 Ramadhan, ada pula yang berpendapat bahwa tanggal 7, 8, dan 21 Ramadhan juga sah. Beberapa bahkan berpendapat bahwa itu tidak boleh dilakukan selama Ramadhan. Selain tanggal 17 Ramadhan, siapa pun dapat memperingati Nuzulul Quran dengan tetap menghormati pandangan orang lain.