Fakta Sejarah Nuzulul Quran yang Perlu Kita Ketahui

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

 Senin 18 Apr 2022 18:53 WIB

Seniman menyelesaikan pembuatan lukisan kaligrafi pada Pameran Kaligrafi Kontemporer Internasional di Masjid Raya Jakarta Islamic Center, Jakarta, Senin (18/4/2022). Pameran yang digelar dalam rangkaian peringatan Nuzulul Quran itu menghadirkan lebih dari 100 karya seniman kaligrafi dari 26 negara dan berlangsung hingga 22 April 2022. Fakta Sejarah Nuzulul Quran yang Perlu Kita Ketahui Foto: Republika/Putra M. Akbar Seniman menyelesaikan pembuatan lukisan kaligrafi pada Pameran Kaligrafi Kontemporer Internasional di Masjid Raya Jakarta Islamic Center, Jakarta, Senin (18/4/2022). Pameran yang digelar dalam rangkaian peringatan Nuzulul Quran itu menghadirkan lebih dari 100 karya seniman kaligrafi dari 26 negara dan berlangsung hingga 22 April 2022. Fakta Sejarah Nuzulul Quran yang Perlu Kita Ketahui

Nuzulul Quran lazim diperingati setiap tanggal 17 Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran diturunkan pertama kali saat Nuzulul Quran. Di Indonesia Nuzulul Quran lazim diperingati setiap tanggal 17 Ramadhan, umumnya di malam hari.

Hampir setiap lokasi di Nusantara mengadakan perayaan untuk memperingati Maulid Nabi, Isra Mi'raj dan tanggal-tanggal penting lainnya. Masyarakat dapat berpartisipasi dalam acara Nuzulul Quran dengan berbagai cara, antara lain tumpengan, pengajian, istighatsah, tahlil, khataman Alquran, dan lain sebagainya.

Baca Juga

Perjalanan Alquran yang mulai diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW pada bulan Ramadhan tahun 610, dalam bentuk aslinya hingga saat ini. Inilah ciri khas yang tidak dimiliki kitab-kitab suci sebelumnya.

Ada dua tahap proses diturunkannya kitab bagi umat Muslim ini. Pertama, Alquran diturunkan dari Lauh mahfuz ke langit dunia dalam bentuk kitab yang utuh. Pada tahap ini, Alquran diturunkan pada malam lailatul qadar.

Kedua, Alquran diturunkan secara bertahap melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Ayat pertama yang diturunkan kepada Rasulullah adalah Surat Al Alaq ayat 1-5 saat berada di Gua Hira.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X