Jumatan Pertama Bulan Ramadhan: Dihalangi Israel, Rakyat Palestina Tetap Sholat di Al Aqsa

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Reiny Dwinanda

 Sabtu 09 Apr 2022 00:04 WIB

Muslim Palestina melintasi pos pemeriksaan yang dikuasai Israel untuk bisa menunaikan sholat Jumat pertama di bulan Ramadhan di Masjid Al Aqsa, Yerusalem, Jumat (8/4/2022). Foto: EPA-EFE/ABED AL HASHLAMOUN Muslim Palestina melintasi pos pemeriksaan yang dikuasai Israel untuk bisa menunaikan sholat Jumat pertama di bulan Ramadhan di Masjid Al Aqsa, Yerusalem, Jumat (8/4/2022).

Rakyat Palestina harus menempuh rute yang lebih jauh untuk bisa Jumatan di Al Aqsa.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Puluhan ribu rakyat Palestina tetap dapat melaksanakan sholat Jumat pertama di bulan suci Ramadhan di kompleks Masjid Al Aqsa meskipun dihalang-halangi polisi Israel. Jamaah tetap menjalankan ibadah di situs suci ketiga umat Islam tersebut meskipun jumlahnya tidak sebanyak biasanya.

Dilansir Wafa News, Jumat (8/4/2022), hanya sekitar 80 ribu jamaah yang masih bisa sholat di Masjid Al Aqsa. Kebanyakan dari mereka adalah warga Palestina wilayah pendudukan Israel dan warga Palestina dari Tepi Barat, menurut otoritas wakaf Islam.

Baca Juga

Koresponden WAFA mengatakan, polisi Israel dan pasukan keamanan menutup beberapa jalan dan gang menuju kota tua Yerusalem. Mereka memaksa jamaah untuk menggunakan rute yang jauh lebih panjang untuk mencapai Al Aqsa.

Berita Lainnya