Jumatan Pertama Bulan Ramadhan: Dihalangi Israel, Rakyat Palestina Tetap Sholat di Al Aqsa

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Reiny Dwinanda

Sabtu 09 Apr 2022 00:04 WIB

Muslim Palestina melintasi pos pemeriksaan yang dikuasai Israel untuk bisa menunaikan sholat Jumat pertama di bulan Ramadhan di Masjid Al Aqsa, Yerusalem, Jumat (8/4/2022). Foto:

1

Pasukan pendudukan Israel juga mengerahkan pasukan dalam jumlah besar di gerbang yang mengarah ke tempat suci dan memeriksa kartu identitas jamaah. Mereka juga melakukan penggeledahan badan terhadap beberapa jamaah.

Pada waktu normal, sholat Jumat di bulan Ramadhan biasanya menarik lebih banyak orang yang bisa mencapai hingga 200 ribu di Al Aqsha. Meskipun polisi Israel semakin memperketat langkah-langkah keamanan mereka di sejumlah titik, sholat Jumat tetap dapat berjalan dengan damai

Warga Palestina lainnya sholat di pos pemeriksaan Israel di Tepi Barat sebagai protes setelah mereka dilarang memasuki kota suci. Israel merebut Yerusalem Timur dari Yordania pada 1967 dan kemudian mencaploknya dalam sebuah langkah yang tidak pernah diakui oleh komunitas global.

Berbagai organisasi HAM dunia menyebut Israel sebagai negara apartheid karena berbagai tindakannya kepada warga Palestina.

Terpopuler