Resep Sayur Bening Kaya Protein Ala Chef Yuda, Cocok untuk Sahur-Bikin Kenyang Lebih Lama

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda

Jumat 08 Apr 2022 00:39 WIB

Menyiapkan makanan sahur (Ilustrasi). Chef Yuda Bustara mengatakan, sayur bening dengan kerang cocok untuk menu sahur. Foto: Republika/Musiron Menyiapkan makanan sahur (Ilustrasi). Chef Yuda Bustara mengatakan, sayur bening dengan kerang cocok untuk menu sahur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Membuat hidangan sahur itu gampang-gampang susah. Namun, sayur berkuah bening bisa menjadi trik jitu membangkitkan selera makan untuk sahur sekaligus membuat kenyang lebih lama.

Chef Yuda Bustara merekomendasikan sayur bening sebagai menu sahur simpel yang menggugah selera. Menurut dia, sayur bening sangat nikmat disajikan dengan nasi putih dan lauk berprotein untuk sahur.

Baca Juga

"Ketika memasak, kita harus bisa menyiasati makanannya agar tetap sehat, harus kreatif, supaya tak bosan. Jadi bisa berkreasi, misalkan capcay dan sayuran berkuah lainnya," kata chef Yuda kepada Republika, beberapa waktu lalu.

Chef Yuda mengatakan, sayur bening dengan kerang cocok untuk menu sahur. Masakan ini memberi asupan protein untuk tubuh.

Siapkan saja bumbu seperti bawang merah, temu kunci, gula, dan garam. Tumis semua bumbu lalu tambahkan air dan masak hingga mendidih.

"Berikutnya, tambahkan jagung dan lanjutkan merebus sup sampai setengah matang," kata chef Yuda.

Setelah itu, masukkan wortel dan kerang. Masak selama lima menit lagi sampai semua bahan matang.

"Tambahkan bayam dan matikan api, agar bayam tidak terlalu matang," ujar chef Yuda.