Catat Dulu, Jenis Makanan yang Harus Dimakan dan Hindari Saat Sahur dan Buka Puasa

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 30 Mar 2022 11:10 WIB

Sahur dengan menu oatmeal. Catat Dulu, Jenis Makanan yang Harus Dimakan dan Hindari Saat Sahur dan Buka Puasa Foto:

1

Catat Dulu, Jenis Makanan yang Harus Dimakan dan Hindari Saat Sahur dan Buka Puasa

Apa yang harus dimakan saat berbuka puasa?

Buah-buahan tinggi kalium: Kalium diperlukan untuk fungsi normal berbagai sistem fisiologis. Ini memainkan sejumlah tugas penting dalam tubuh, termasuk mencegah kram dan mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit.

Kacang-kacangan, sayuran berdaun gelap, kentang, labu, yoghurt, alpukat, jamur, dan pisang semuanya tinggi potasium. Kurma adalah makanan padat nutrisi yang tinggi potasium dan merupakan cara yang bagus untuk berbuka puasa. Setelah berjam-jam berpuasa, kurma tidak hanya membantu Anda terhidrasi dengan cepat, tetapi juga memberi Anda energi instan, membuat Anda merasa diperbarui.

Cairan yang cukup: Hindari dehidrasi dengan minum air atau jus buah sebanyak mungkin antara buka puasa dan waktu tidur.

Kacang Mentah: Almond kaya akan lemak sehat, sangat penting ketika tubuh Anda membutuhkan lemak setelah waktu puasa yang panjang. Kacang almond mentah sangat ideal untuk berbuka puasa karena membuat Anda merasa puas dan terkendali tanpa membuat Anda makan berlebihan.

Sayuran yang menghidrasi: Mentimun, selada, dan sayuran penghidrasi lainnya kaya akan serat dan air. Mereka tidak hanya baik untuk menjaga tubuh Anda tetap sejuk sepanjang Ramadhan, tetapi juga baik untuk menjaga kesehatan kulit Anda dan menghindari sembelit.

Apa yang harus dihindari saat berbuka puasa

Minuman berkarbonasi: Hindari minum minuman olahan dan minuman berkarbonasi yang biasanya tinggi gula dan dapat menyebabkan kembung dan gas. Minuman jenis ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Untuk menghilangkan dahaga, minum air biasa dan air kelapa.

Makanan tinggi gula: Makanan tinggi gula, seperti permen dan cokelat harus dihindari karena tinggi kalori dan memiliki nilai gizi yang rendah. Mereka berkontribusi pada penambahan berat badan dan jika dimakan setiap hari, dapat menyebabkan masalah kesehatan.

 

Makanan yang digoreng: Makanan berminyak dan gorengan seperti pangsit goreng, samosa, kue kering, dan kari berminyak harus dihindari karena tinggi lemak dan disimpan sebagai jaringan lemak dalam tubuh. Keasaman dan gangguan pencernaan disebabkan oleh makan makanan berlemak setelah lama berpuasa.